get app
inews
Aa Read Next : Sivitas Akademika UGM Sampaikan Petisi untuk Jokowi, Minta Semua Pihak Kembali ke Koridor Demokrasi

Mahasiswa Termuda UGM, Masuk di Usia 15 Tahun

Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:42 WIB
header img
Raja Muhammad Hayuri Islami menjadi mahasiswa termuda Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2022, dengan usia 15 tahun 11 bulan. foto: istimewa

 Ketika duduk di bangku SMP, prestasi Raja sempat merosot dan tidak masuk dalam ranking. Saat di bangku MAN, Raja kemudian ikut mendaftar program akselerasi dan diterima di kelas IPS. Di kelas itu hanya tujuh orang siswa yang ikut program akselerasi sehingga Raja bisa menyelesaikan bangku MAN Negeri 2 Pekanbaru dalam waktu dua tahun. 

“Karena program akselerasi, kami diharuskan untuk belajar dan memahami lebih cepat dari siswa yang lain. Saya di program itu tidak ikut ekstrakurikuler atau organisasi,” katanya.

Selama di program akselerasi, ia tidak memikirkan soal rangking. Namun untuk pelajaran seperti sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi ia mendapat nilai akademik yang cukup baik.

“Untuk mata pelajaran paling tinggi nilai sosiologi,” ujarnya.
 
Raja mengaku tertarik dengan filsafat saat berada di kelas X SMA. Di kerap membaca buku filsafat dan juga di internet. 

“Sejak kecil sering menggunakan logika filsafat berarti selama ini saya menerapkan nilai-nilai filsafat,” kata Raja yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 di jurusan yang sama.  

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut