get app
inews
Aa
Read Next : Toko Emas di Blora Dirampok, Pelaku 2 Orang Sempat Todongkan Senjata Api

Tips Memulai Membuka Toko Emas, Persiapkan Lisensi

Senin, 01 Agustus 2022 | 17:29 WIB
header img
Foto: Dokumen iNews

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Berbisnis atau berinvestasi Emas menurut para pelaku ekonomi dinilai sebagai salah satu investasi sekaligus aset yang aman dan menguntungkan selain bisnis properti. Maka mempunyai toko emas merupakan bisnis yang dinilai juga menggiurkan.

Dilansir dari Channel Youtube Emas Berlian Corporation #UMKMEmas (17/06/21) keuntungan dari berbisnis emas adalah bisa menjaring aset lebih banyak lagi, tidak basi, tidak mengikuti tren dan ketika dijual lagi tidak menjadi bekas. Dari sisi menjual dan membeli, keduanya juga sama-sama diuntungkan. Penjual bisa mendapatkan untung dengan menjual kepada konsumen, dan ketika membeli dari konsumen juga menjadi untung dikarenakan investasi.

Berikut beberapa tips untuk mulai membuka toko emas yang dikumpulkan iNews Pantura dari berbagai sumber:

1. Jual Beli dengan Jumlah kecil dulu
Mulai bisnis emas dan membuka toko emas dengan menjual dan membeli lagi emas dengan jumlah kecil hingga kemduian di besarkan volumenya. Pertama bisa menjualnya kepada tetangga , teman kerja, dan lain-lainnya. Dari margin yang diperoleh membeli emas baru hingga lama-lama emas semakin bertambah.

2. Memahami prinsip dalam berdagang emas
Pada dasarnya, menjual emas bukan sekedar mencari keuntungan, namun dapat menambah aset emas tanpa menggunakan uang sendiri yakni dari uang yang diperoleh dari margin. Anda juga harus memahami istilah jual beli dan menawarkan ke masyarakat namun tidak secara vulgar.

3. Persiapkan lisensi
Jika mulai ingin membuka toko emas secara fisik , Anda memerlukan lisensi terutama jika tidak datang dari keluarga yang memiliki toko emas. Lisensi ini dapat membantu Anda memeroleh kepercayaan dari masyarakat lebih lagi. Pastikan Anda juga menjual dan membeli emas disaat yang tepat. Anda dapat menjual emas ketika harga sedang naik, dan membeli ketika harga emas sedang turun. Anda dapat mengecek melalui online untuk mengetahui harga emas.

4. Carilah lokasi yang strategis
Mendapatkan lokasi toko yang strategis bisa meningkatkan penjualan Anda. Banyak dari penjual toko emas membuka jualannya mulai dari pasar, ruko, dan mal. Umumnya toko emas dibuka di tempat keramaian.

5. Modal Usaha
Hitunglah modal usaha dan mulailah merancang business plan hingga bisa menyusun manajemen cashflow toko emas yang akan dibangun

6. Jaga kepercayaan pelanggan Menjaga kepercayaan pelanggan adalah modal utama dalam semua usaha. Pastikan kualitas emas yang Anda jual bagus dan sesuai dengan harga pasar yang berlaku

7. Kreatif dan inovatif Menjual emas dengan bentuk perhiasan butuh kreativitas dan inovasi. Biasanya bentuk dan motif emas berubah seiring tren yang sedang berlaku. Jadi Anda juga harus memantau tren yang digemari.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut