get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Berkebun Untuk Mengurangi Tingkat Stres Dalam Rangka Hari Kesehatan Mental Sedunia

Tanaman Hias Bisa Jadi Terapi Kesehatan dan Bisa Digelar Kontesnya

Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:34 WIB
header img
Tanaman hias bermanfaat bagi kesehatan mental sebagai terapi mengatasi stres dan meningkatkan fokus. Foto: Ilustrasi/Istimewa

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Manfaat tanaman hias bukan sekadar hobi memelihara tumbuhan atau bunga yang indah. Tanaman hias juga bermanfaat bagi kesehatan mental sebagai terapi mengatasi stres dan meningkatkan fokus.

Berdasarkan penelitian Journal of Physiological Anthropology, jenis tanaman indoor di kantor atau rumah dapat membuat yang melihatnya merasa lebih tenang dan nyaman. Sementara American Society for Horticultural Science pada 2007, mencatat tanaman hias selain dapat menghilangkan stres juga membuat orang lebih produktif.

Tak heran, jika banyak masyarakat mengoleksi banyak tanaman hias di halaman rumah atau gedung perkantoran. Bahkan ada kontes khusus tanaman hias. Salah satunya Jakarta Plant Market (JPM) di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, pada 29-31 Juli 2022. 

Andri Satriawan dari Ragunan Aroid Community sekaligus ketua pelaksana Jakarta Plant Market (JPM) mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu kontes tanaman hias yang sangat mengapresiasi sebuah karya seni dan keindahan alam.

"Perkembangan tanaman hias di Tanah Air sangat luar biasa. Kita ingin agar semangat tersebut bisa terjaga. Makanya kita wadahi mereka dalam Jakarta Plant Market," katanya.

Dia terpanggil untuk menggelar kompetisi tanaman hias guna membantu meningkatkan nilai ekonomi di Indonesia, serta memperkenalkan Taman Anggrek Ragunan, sebagai sentra tanaman hias bagi masyarakat. Dari sisi  kesehatan dan lingkungan, tanaman dapat menghilangkan kontaminan (agen kontaminasi/pengotor) dari udara. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut