get app
inews
Aa Read Next : 8 Tips Merawat Kulit Saat Liburan Menurut Dermatologis

Memahami Ilmu Forensik Bersama dr. Tuntas, Identik Pemeriksaan Korban Mati

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:32 WIB
header img
Dr. Tuntas Dhanardhono dan Dr. dr. Renni Yuniati dalam Podcast IDI Jateng. Foto: Iman Nurhayanto

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Ilmu forensik yang belum banyak diketahui oelh kalangan masyarakat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng berusaha perkenalkan ilmu tersebut melalui podcast IDI Jateng pada Rabu, (27/7) di sekretariat IDI Jateng teletak di Kota Semarang.

Mengundang narasumber dr. Tuntas Dhanardhono, MsiMed, MH, Sp.FM merupakan Wakil Sekretaris PDFI Cabang Jawa Tengah dan dipandu oleh host Dr. dr. Renni Yuniati, SpKK, FINSDV, MH.

Dr. Tuntas yang sudah malang melintang berkegiatan di seluruh Indonesia menyampaikan ilmu forensiknya. Menurutnya forensik identik dengan pemeriksaan korban mati atau jenazah. Selain itu ada juga forensik klink, KDRT, forensik korban seksual, patologi sampai medikolegal.

Ia mengatakan paling banyak kasus forensik klinik maupun patologi kematian yang butuh otopsi. Otopsi yang merupakan pemeriksaan jenazah secara seksama untuk menilai temuan-temuan dalam jenazah baik di rongga kepala, dada, dan lainnya.

Otopsi memilik tiga pengelompokan yaitu anatomi, klinik dan hukum. Pertama yaitu otopsi anatomi yang biasa dilakukan oleh mahasiswa kedokteran dalam proses pendidikan.\

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut