get app
inews
Aa Read Next : Sebanyak 64 Ekor Hewan Kurban Disalurkan Pertamina Cilacap Saat Idul Adha

Idul Adha, Refleksi Air Ala Siti Hajar

Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:14 WIB
header img
Konsultan Millenial Bupati Magelang Bidang Lingkungan Hidup, Adin Rizka Khakim, SPd

MAGELANG, iNewsJatenginfo.id - Idul Adha adalah menifestasi filantropi setiap muslim dengan implementasi keberpihakan terhadap kaum mustadh’afin dengan membagikan daging qurban untuk dinikmati setiap kalangan dan lini sosial. 

Momentum idul Qurban dengan segudang hikmahnya penting untuk selalu direfleksikan dan diaktualisasikan terutama bagi kita generasi millennial yang syarat akan pergeseran nilai dan pola kehidupan. 

Tak hanya hikmah Nabi Ibrahim dan Ismail yang perlu kita ingat, namun juga istri Nabi Ibrahim, ibu Nabi Ismail AS yakni Siti Hajar.

Ribuan tahun silam, seorang pejuang perempuan bernama Siti Hajar, berlari-lari antara Safa dan Marwah demi menemukan air sumber kehidupan sehingga Allah SWT pun menjawab Siti Hajar dengan ditemukannya sumur Zamzam.

Secara teologis, islam telah memberikan gambaran logis bagaimana posisi manusia yang erat berkaitan dengan alam, terutama air. 

Sebagaimana Siti Hajar ketika ditinggal Nabi Ibrahim AS, ia menyadari bahwa ia harus mencari sumber kehidupan sebelum kebutuhan yang lain. Sumber itu ialah mata air. 

Ia berjuang sebagai pioneer pejuang air dipadang tandus. Bahkan sebagai wujud penghargaan sampai kini momentum itu terus diamalkan sebagai salah satu ritual ibadah haji yang disebut sa’i. 

Kita harus tahu, lebih dari 75% zat penyusun tubuh manusia terdiri dari air, bahkan bumi yang kita tinggali juga lebih dari 71% mengandung air. PBB pun menyetujui 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang hendak dicapai pada 2030, salah satunya negara berkomitmen untuk memastikan akses terhadap air dan sanitasi untuk semua orang. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut