get app
inews
Aa Read Next : Empat Orang Minat Adopsi Bayi Laki-laki yang Ditemukan di Rumah Warga Cepu, Blora

Warga Desa Nglobo Blora Gelar Tarian Beksan Tayub Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi

Jum'at, 01 Juli 2022 | 22:44 WIB
header img
Warga Desa Nglobo Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora menggelar sedekah bumi, sambil uri-uri budaya Jawa dengan tarian beksan tayub. Foto: Heri Purnomo

BLORA, iNewsJatenginfo.id - Warga Desa Nglobo Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora menggelar sedekah bumi, sambil uri-uri budaya Jawa dengan tarian beksan tayub. Acara digelar di Sendang Sumurboto, Dukuh Payaman, Desa Nglobo, Jumat (1/7). 

Uniknya dalam acara tersebut warga desa wajib menggelar beksan tayub di tempat tersebut. Kepala Desa Nglobo, Pudik Harto mengatakan beksan tayub ini wajib, lantaran warga setempat meyakini jika tidak ada tayub pernah terjadi pagebluk.

"Dulu pernah tidak ada beksan tayub, menurut warga setempat ada sesuatu terjadi di sini dan diyakini karena tidak menggelar beksan tayub," kata Pudik.

Menurutnya, sedekah bumi di Dukuh Payaman ini adalah merupakan pertama kali digelar semeriah ini, karena dua tahun lalu ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Tampak sejumlah warga bahagia dengan adanya acara sedekah bumi kali ini. Mereka membawa hasil bumi dan sedekah berupa makanan, yang dikumpulkan jadi satu untuk didoakan oleh modin sesepuh desa tersebut.

Sebelum didoakan disuguhkan beksan tayub dengan dua sinden. Kepala desa berserta jajarannya dan Kapolsek Jiken memulai untuk ikut beksan atau menari bersama dua sinden diiringi gamelan Jawa.

Usai beksan tayub, acara dilanjutkan dengan berdoa bersama. Setelah doa selesai mereka berebut makanan yang telah didoakan.

"Harapan saya dengan diadakan sedekah bumi, satu agar kerukunan masyarakat terjaga, kedua sifat gotong royong terjaga, dan terakhir uri-uri budaya Jawa dari peninggalan leluhur kita," ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut