get app
inews
Aa Read Next : 3 Perampok Toko Emas Bersenjata Api di Blora Berhasil Diamankan Petugas Gabungan

Siswa SMA di Blora Giat Aksi Nyata Penerapan P5

Jum'at, 17 Februari 2023 | 13:28 WIB
header img
Siswa SMA Muhammadiyah Randublatung Giat Aksi Nyata Penerapan P5. Foto: Ist

BLORA, iNewsJatenginfo.id – Siswa SMA Muhammadiyah 3 Randublatung Blora menggelar unjuk aksi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kamis (16/2/2023).

Kegiatan yang dilakukan di sekitar sekolah SMA Muhammadiyah 3 Randublatung Blora  berupa penanaman pohon Tabebuya.

Unjuk aksi dilakukan dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dan subtema Penanaman 100 pohon Tabebuya. Ahmad Juwariyanto  SPd elaku Koordinator Proyek Profil Pelajar Pancasila mengatakan unjuk aksi penanaman pohon  merupakan satu bentuk program penerapan Kurikulum Merdeka.

Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci keenam kompetensi tersebut saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh. Keenam dimensi tersebut diantaranya:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.
2. Berkebhinekaan Global.
3. Bergotong royong.
4. Mandiri.
5. Bernalar kritis.
6. Kreatif.

Dimensi-dimensi tersebut menunjukan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai masyarakat Indonesia.

“Unjuk aksi ini dilakukan oleh siswa kelas X, sebelumnya pohon tabebuya disiapkan oleh sekolah bekerjasama dengan pemerintah Desa Pilang Kec Randublatung,” ungkapnya.

Edukasi diberikan kepada para siswa pada hari kamis, (16/2/2023) sebelum kegiatan penanaman pohon  dilakukan.  Juwariyanto selaku Koordinator Proyek Profil Pelajar Pancasila yang pertama kali memberikan arahan dan gambaran mengenai kegiatan yang akan dilakukan tentang penanaman pohon.

Setelah pengarahan diberikan selanjutnya para siswa diajak untuk menyiapkan bibit pohon yang akan ditanam. Para siswa dibantu pembimbing memindahkan bibit kedalam polybag.

 “Semoga melalui kegiatan ini peserta didik, guru dan semua warga sekolah  mendapatkan wawasan dan bekal tentang pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila selain itu mengurangi efek pemanasan global,” pungkasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut