get app
inews
Aa Read Next : Tiga Bulan Beroperasi, RS UNIMUS Raih Akreditasi Paripurna dengan Layanan Unggulan

Boyamin Saiman Hadiri Peresmian Jalan Ki Narto Sabdo di Semarang

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:03 WIB
header img
Dalang Ki Narto Sabdho. Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Pemberian nama sebuah jalan untuk mengenang Ki Narto Sabdho diyakini bakal menggembirakan warga Semarang dan Jawa Tengah. Pasalnya hal itu merupakan keinginan lama atas terwujudnya monumen tertulis sang maestro dalang Ki Narto Sabdho.

Ki Narto Sabdho merupakan dalang yang sudah menciptakan lakon atau jalan cerita pentas wayang kulit, lagu dan gending hingga lebih dari 300 karya.

Boyamin Saiman selaku pendamping dan kuasa hukum ahli waris Ki Narto Sabdho menerangkan bawah dengan dijadikannya nama Ki Narto Sabdho sebagai sebuah penghormatan negara atau pemerintah yang diwakili Pemkot Semarang atas karya- besar Ki Narto Sabdho yang hingga saat ini melegenda. 

"Lagu-lagu dan gending Ki Narto Sabdho nyata selalu hidup bersama masyarakat dan sudah semestinya negara atau pemerintah memberikan penghargaan dari semua aspek yang dimungkinkan untuk memberikan hadiah kebudayaan kepada Ki Narto Sabdho," tuturnya, Senin (28/6). 

"Saya selaku wakil dari ahli waris tetap berpendirian bahwa karya Ki Narto Sabdho adalah milik seluruh masyarakat, pengurusan Hak Cipta hanya semata mata untuk mencatatkan pada Lembaran Negara untuk mencegah hilang bersama perkembangan jaman," lanjutnya. 

Sesuai wasiat dari almarhum Ki Narto Sabdho, kata dia, ahli waris tidak akan melakukan tuntutan hukum guna mendapatkan pembayaran royalty kepada siapapun yang mendendangkan atau mementaskan karya-karya Ki Narto Sabdho. Menurutnya, karya-karua Ki Narto Sabdho adalah milik dan hidup bersama masyarakat.

"Saya dan ahli waris Ki Narto Sabdo menyampaikan terimakasih kepada Bapak Walikota Semarang atas terwujudnya peresmian jalan Ki Narto Sabdho," tukas BoyaminBoyamin Saiman. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut