get app
inews
Aa Read Next : Absen di Acara Partainya, Sandiaga Uno Justru Hadir di Peringatan Harlah PPP, Ini Alasannya

Iuran BPJS Sedot APBD Jateng Sebesar Rp420 Miliar Setahun

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:30 WIB
header img
Anggota Komisi E DPRD Jateng, Yudi Indras Wiendarto (kiri) di sela kegiatan Gowes bersama komunitas sepeda, Selasa (21/6). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Pemprov Jateng diharuskan membayar iuran ke BPJS senilai Rp420 miliar dalam setahun. Hal itu merupakan biaya sharing 20 persen yang mesti dibayarkan Pemprov Jateng untuk pembiayaan kesehatan masyarakatnya.

Dana itu digunakan untuk pengobatan atau bersifat kuratif bagi masyarakat Jateng yang sakit dan kemudian periksa atau berobat. Padahal, jika nominal itu digunakan untuk kegiatan yang bersifat promotif atau pencegahan, maka imbasnya cukup luar biasa.

Wiendarto menggatakan salah satu penyebab penyakit adalah pola hidup yang tidak tepat. Minim olahraga dan mengonsumsi makanan-makanan siap saji juga begitu berpengaruh.

"Salah satu penyebab pergeseran pola penyakit itu disebabkan adanya perubahan pola perilaku masyarakat dan termasuk pola konsumsinya. Gowes ini untuk sosialisasi budaya hidup sehat pada masyarakat," kata Yudi Indras, Rabu (22/6). 

Menurutnya, terjadi pergeseran pola penyakit yang ada di masyarakat. Jika sebelum tahun 2.000 kecenderungan penyakit yang menyerang adalah penyakit menular karena infeksi maka tahun 2.000 ke atas berubah menjadi penyakit degeneratif dan katastropik.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang merusak jaringan tubuh yang tak bisa diperbaiki. Sementara katastropik bisa diartikan penyakit berbiaya tinggi. Seperti penyakit stroke, ginjal, jantung, dan hipertensi.

Sementara penyakit sebelum tahun 2.000 biasanya berupa karena infeksi, lingkungan kotor, kurang gizi. Sementara saat ini makan makanan kalori tinggi tapi kalori yang dikeluarkan tak seimbang. Maka kalori menumpuk menjadi lemak


Faktor lain yang juga mesti diwaspadai adalah kemudahan teknologi. Ketersediaan fasilitas pendukung, menjadikan masyarakat malas beraktivitas fisik. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut