Mewujudkan Beasiswa Pendidikan Inklusif

*Oleh Adnin
Ilustrasi Belajar. Sumber : Pixabay.com. (Foto: IST)

Beasiswa Pendidikan Lebih Inklusif

PIP hadir untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus. melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (Kemendikbud.go.id). Di tahun 2024, karena melihat kebutuhan dan optimalisasi program yang ada. Program PIP ini di naikam bantuan nominal biayanya

Seperti di kutip dari laman kompas.com, besaran dana PIP yang akan diterima tergantung pada jenjang pendidikan dan fase semester. di tahun 2024 ini nominal untuk jenjang SMA sederajat akan naik menjadi Rp 1.800.000. Sebagai informasi, ajaran baru dimulai pada bulan Juli-Juni tahun berikutnya sedangkan anggaran dimulai Januari-Desember. (Kompas.com)

Selain itu, untuk jenjang pendidikan tinggi, KIP Kuliah juga dihadirkan agar generasi penerus bangsa kita tak hanya bisa menamatkan pendidikannya di tingkat menengah. Akses Pendidikan tinggi, coba dimudahkan agar generasi muda bisa menggapai mimpi dan cita - citanya dengan akses Pendidikan tinggi yang mudah. Dengan adanya beasiswa ini, pendidikan tinggi yang mulanya hanya mampu dirasakan oleh golongan menengah atas kini bisa diakses oleh siapapun. 

Seperti yang disampaikan Puput Puspito dkk, Program KIP Kuliah merupakan salah satu program bantuan sosial yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu dalam menyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Program ini dicanangkan dengan tujuan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anak-anak dari lapisan masyarakat ekonomi lemah agar dapat mengakses pendidikan tinggi dengan lebih mudah. (Jurnal Metakognisi, 2024)

Masih dalam penelitian yang sama, peran Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dalam meningkatkan kesetaraaan pendidikan tinggi bagi mahasiswa. KIP Kuliah memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesetaraan dalam perguruan tinggi bagi mahasiswa Universitas Salakanagara. Dalam pembentukan karakter, Program KIP Kuliah memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan sikap kepemimpinan, tanggung jawab, dan kemandirian. Melalui program ini, mahasiswa belajar untuk menghadapi tantangan ekonomi dan mengembangkan karakter yang kuat untuk meraih kesuksesan di dunia akademik dan profesional.

Beasiswa pendidikan juga tidak hanya menyasar pada peserta didik saja, para pendidik pun diberikan kesempatan yang luas untuk mampu melanjutkan pendidikan dengan beasiswa. BPI kini diperluas yang peruntukannya bagi para pendidik dan pelaku budaya.  Hal ini tentu membawa semangat yang begitu positif, apalagi seringkali, para pendidik dan pelaku budaya kita yang sebelumnya belum diperhatikan, dengan adanya BPI ini mampu semakin mengembangkan potensi yang dimiliki, yang nantinya akan menjadikan mereka tenaga pendidik dan pelaku budaya yang kompeten dan kompetitif. 

Semoga, dengan demikian, melalui beasiswa pendidikan yang lebih inklusif, progesifitas Pendidikan mampu semakin nyata berdampak pada kehidupan bangsa dan negara yang lebih baik lagi. Tentunya dengan berbagai evaluasi yang dilakukan, agar program yang ada bisa lebih maksimal, Semoga.

Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network