Berikut Peluang Timnas Indonesia di Grup Maut Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Abdul Haris
Timnas Indonesia harus melalui jalan terjal menuju Piala Dunia 2026. Skuad Garuda berada di grup maut bersama tiga langganan Piala Dunia: Jepang, Australia dan Arab Saudi. (Instagram)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Timnas Indonesia harus melalui jalan terjal menuju Piala Dunia 2026. Skuad Garuda berada di grup maut bersama tiga langganan Piala Dunia: Jepang, Australia dan Arab Saudi. Bagaimana peluangnya?

Drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (27/6/2024). Hasilnya, Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China. 

Asa menuju Piala Dunia kembali berkobar pada edisi kali ini. Timnas Indonesia mengukir sejarah lolos ke putaran ketiga untuk pertama kalinya. 

Jelas, ini bukan grup mudah. Ini grup neraka, karena sejarah mencatat, dari enam kontestan di grup tersebut, hanya Timnas Bahrain yang belum pernah tampil di Piala Dunia. 

Sejak pertama kali lolos pada 1998, Timnas Jepang menjadi langganan dan tak pernah absen di ajang elite tersebut. Sementara Timnas Australia, sejak gabung Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 2006, mereka juga selalu lolos ke Piala Dunia.
 
Timnas Arab Saudi juga bisa dibilang langganan Piala Dunia. Sejak pertama kali lolos pada 1994, hanya dua kali mereka absen pada 2010 dan 2014. Dua edisi terakhir, The Green Falcons selalu lolos, bahkan pada edisi terakhir di Qatar 2022, Arab Saudi bikin kejutan dengan menumbangkan Argentina di laga pertama grup. 

Timnas China, meski bukan langganan namun pernah sekali mencicipi atmosfer Piala Dunia 2002 di Korea-Jepang di era Pelatih legendaris, Bora Milutinovic. Dan, Timnas Indonesia mencicipinya pada 1938 dengan bendera Hindia Belanda.

Asia dipastikan mendapat jatah delapan tempat di Piala Dunia 2026 yang kontestannya diperluas menjadi 48 tim untuk pertama kalinya pada ajang yang bakal digelar di tiga negara, Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network