Ketahui 5 Fakta Bus Rombongan SMK Kecelakaan di Tol Tembalang

Eka Setiawan
Bus yang mengangkut rombongan pelajar SMK dari Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) kecelakaan di Jalan Tol KM 430 – 400 Tembalang Kota Semarang, Kamis (13/6/2024). (Foto: Eka Setiawan)

3. Penyebab Kecelakaan

Polisi mengungkap penyebab kecelakaan bus mengangkut rombongan pelajar SMK dari Purworejo, Jateng di Jalan Tol KM 430–400 Tembalang Kota Semarang, Kamis (13/6/2024). 

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi mengungkapkan, kecelakaan diduga akibat sopir bus kurang menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya.

“Saat di lokasi (sopir bus) diduga kurang waspada pandangan ke depan dan tidak menjaga jarak aman saat berkendara, sehingga terjadi kecelakaan dengan truk yang melaju searah di depannya,” ujar AKBP Yunaldi.  

4. Jumlah Korban Kecelakaan

Kecelakaan bus mengangkut rombongan pelajar SMK dari Purworejo, Jateng di Jalan Tol KM 430–400 Tembalang Kota Semarang menyebabkan tiga korban luka. Kecelakaan tersebut terjadi Kamis (13/6/2024) pukul 09.30 WIB. 

Ketiga korban luka, yaitu Nuryadi (56) warga Dusun Krajan RT02/RW01, Kelurahan Butuh, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo. Nuryadi luka di kaki kiri dicurigai patah tulang, siku tangan kiri dan jari tangan kiri. 

Korban lainnya, yaitu Sunaryo (36) warga Dukuh Pringamba RT03/RW01, Kelurahan Pohkumbang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Sunaryo luka pada kaki kanan.

Korban ketiga, yaitu Muhammad Yoga Prihatmoko (27) warga Baledono RT04/RW09, Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Muhammad Yoga Prihatmoko luka pada kepala belakang.

Semua korban luka dirawat di Rumah Sakit (RS) St. Elizabeth Kota Semarang.

5. Bus Ringsek 

Bus mengangkut rombongan pelajar SMK dari Purworejo, Jateng menabrak bagian belakang truk di Jalan Tol KM 430 – 400 Tembalang Kota Semarang, Kamis (13/6/2024). 

Benturan keras menyebabkan, bagian depan bus ringsek. Kecelakaan itu disebabkan sopir bus kurang menjaga jarak aman.

“Saat di lokasi (sopir bus) diduga kurang waspada pandangan ke depan dan tidak menjaga jarak aman saat berkendara, sehingga terjadi kecelakaan dengan truk yang melaju searah di depannya,” kata Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi.

Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network