Hari Lupus Sedunia, Dekan FK UMS Berikan Edukasi Pencegahan Penyakit Lupus

Muhammad Sayyidin Jaya Negara
Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.DVE, Dipl.STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV., membahas penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan Cutaneous Lupus. Foto: Ist

PABELAN, iNewsJatenginfo.id - Dalam memperingati Hari Lupus Sedunia, Dekan Fakultas Kedokteran UMS Dr. dr. Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.DVE, Dipl.STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV., membahas penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan Cutaneous Lupus untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat.

Dokter Flora menjelaskan bahwa penyakit Lupus adalah kondisi inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun tubuh yang bekerja dengan keliru, menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi berbagai sistem tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

“Cutaneous Lupus, atau Lupus Eritematosus Kutaneus, adalah salah satu manifestasi dari penyakit Lupus yang secara khusus mempengaruhi kulit. Penyakit ini merupakan bagian dari keluarga besar penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sehat dalam tubuh, termasuk kulit,” terang Dekan FK UMS Jumat, (10/5). 

Dia menerangkan penyebab pasti dari Cutaneous Lupus ini belum sepenuhnya dipahami, namun dipercaya bahwa kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan hormonal berperan dalam perkembangannya. Kemudian paparan sinar matahari, infeksi, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu dapat memicu atau memperburuk gejala.

Ciri-ciri penyakit Lupus bervariasi, tetapi terdapat beberapa gejala umum meliputi:
- Nyeri dan pembengkakan pada sendi.
- Demam tinggi di atas 37℃.
- Ruam kulit, khususnya ruam berbentuk kupu-kupu yang menutupi pipi dan batang hidung.
- Kelelahan.
- Sensitivitas terhadap sinar matahari.
- Rambut rontok.
- Sariawan.
- Nyeri dada saat bernapas.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network