Lima Daftar Tradisi Menyambut Lebaran yang Unik di Indonesia

Wiwie Heriyani
Tradisi unik Lebaran. (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Umat Islam akan merayakan kemenangannya dengan suka cita dalam Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sama seperti bulan Ramadan yang disambut meriah, Lebaran pun disambut penuh kebahagiaan.  

Di setiap belahan negara memiliki tradisi yang berbeda-beda. Indonesia sendiri menjadi negara yang paling unik dalam hal tradisi perayaan Idul Fitri atau lebaran. 

Nah, berikut daftar tradisi menyambut Lebaran yang unik di Indonesia, dilansir dari laman Kemenparekraf, Minggu, (7/4/2024).

1. Grebeg Syawal - Yogyakarta
Membahas tradisi menyambut Lebaran, Grebeg Syawal menjadi salah satu ritual rutin digelar setiap tahunnya. Tradisi yang berasal dari Keraton Yogyakarta ini dilakukan setiap 1 Syawal, atau tepat pada Hari Raya Idulfitri. Grebeg Syawal merupakan wujud syukur setelah melewati bulan Ramadan yang sudah dilaksanakan sejak abad ke-16. 

Daya tarik dari tradisi Grebeg Syawal ada pada tujuh gunungan yang seluruhnya akan dibawa oleh abdi dalem dan dikawal prajurit Bregodo dari Alun-Alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menuju Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan Kantor Kepatihan. Gunungan tersebut akan didoakan terlebih dahulu, sebelum nantinya diperebutkan masyarakat. 

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network