Lima Daftar Tradisi Menyambut Lebaran yang Unik di Indonesia

Wiwie Heriyani
Tradisi unik Lebaran. (Foto: Kemenparekraf)

2. Ronjok Sayak - Bengkulu
Tradisi Lebaran di Indonesia yang tidak kalah unik bisa ditemukan di Bengkulu yang disebut Ronjok Sayak. Secara umum, kata Sayak sendiri bisa diartikan sebagai batok kelapa. Dengan kata lain, Ronjok Sayak adalah tradisi membakar batok kelapa kering yang ditumpuk hingga setinggi satu meter.  

Menurut kepercayaan, tradisi Lebaran Ronjok Sayak sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun silam. Masyarakat Bengkulu percaya jika api merupakan penghubung antara manusia dan leluhur.  

Itu mengapa, pelaksanaan tradisi Ronjok Sayak berjalan hikmat, dibarengi dengan banyaknya doa-doa yang dipanjatkan selama proses pembakaran batok kelapa. Biasanya, tradisi Ronjok Sayak ini dilakukan setelah melaksanakan salat Isya pada 1 Syawal. 


3. Tradisi Meriam Karbit - Pontianak
Jangan kaget jika Anda mendengar suara gemuruh bak dentuman guntur di Pontianak menjelang Lebaran. Pasalnya, itu adalah suara ledakan Meriam Karbit tradisi warga Pontianak yang dirayakan di pinggiran Sungai Kapuas, setiap kali bulan Ramadhan dan Lebaran datang.  

Konon katanya, permainan Meriam ini guna untuk mengusir hantu-hantu lho. Festival menyambut Lebaran yang terkenal meriah ini digelar selama tiga hari berturut-turut.  

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network