Jenis Makanan untuk Perkembangan Otak

Hadi Widodo
Daging merah kaya vitamin B6 baik untuk otak. Foto: Okezone

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Asupan vitamin penting bagi tubuh termasuk vitamin B6 juga dikenal sebagai piridoksin ini penting untuk fungsi saraf normal, perkembangan otak, pemecahan protein, antibodi, dan produksi hemoglobin.

Nah, mengingat vitamin B6 ini sifatnya larut dalam air, tidak disimpan dalam tubuh dan dibuang keluar dari tubuh melalui urin. 

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan pasokan vitamin ini secara teratur, yang hanya dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan yang kaya vitamin ini.

Apa saja makanan kaya vitamin B6 yang salah satu fungsinya penting untuk perkembangan otak, simak ulasannya berikut dikutip dari Okezone. 

1. Sayuran

Sumber nabati terbaik vitamin B6 adalah kentang dan ubi jalar. Satu kentang besar menyediakan 1,1 miligram vitamin B6. Sementara 1 cup ubi rebus mengandung 0,6 miligram vitamin B6. 

Selain kentang dan ubi jalar, bisa juga mengonsumsi sayuran lain seperti bayam, tomat dan kembang kol, karena juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Daging merah dan unggas

Dari lauk, vitamin B6 bisa didapat dari daging merah dan unggas, karena mengandung vitamin ini dalam jumlah yang wajar. 

Namun, pastikan metode memasak yang digunakan adalah cara yang sehat karena daging yang terlalu matang bisa mengakibatkan vitaminnya hilang dan justru berbahaya bagi tubuh.

3. Kacang-kacangan dan gandum utuh.

Kacang-kacangan dan gandum terkenal sebagai sumber serat dan protein. Tapi, banyak orang tidak tahu bahwa kacangan-kacangan dan gandum utuh juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup baik. 

Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jagung, gandum, bibit gandum, beras, oatmeal dan sereal yang diperkaya. Jangan lupa masukkan jenis makanan ini ke dalam menu makanan harian Anda ya!

4. Buah-buahan 

Buah seperti pisang, plum, dan alpukat adalah sumber makanan vitamin B6 yang sangat baik loh! Kita bisa dapat dosis vitamin B6 yang direkomendasikan setiap hari, dengan mengonsumsi pisang berukuran sedang atau secangkir plum kering dan alpukat. 

Dengan cara ini, Anda tidak perlu bergantung pada suplemen karena bisa mendapatkanya dari buah segar langsung.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network