get app
inews
Aa Read Next : Hadiri Perayaan Tiong Jiu, Mbak Agustin: Bisa Jadi Salah Satu Even Wisata di Kota Semarang

Rektor Undip Didampingi Mbak Agustin Resmikan Gedung Art Center Fakultas Ilmu Budaya

Sabtu, 14 September 2024 | 01:03 WIB
header img
Mbak Agustin, Prof Suharnomo dan Dekan FIB Undip saat Potong Tumpeng. (Foto: IST)

Gedung Art Center Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro, diresmikan penggunaannya pada Kamis (12/9/2024). Peresmiaan itu ditandai dengan penandatangan prasasti peresmian yang dilakukan oleh Rektor Undip Prof Dr Suharnomo, SE MSi dan disaksikan oleh Dekan FIB Undip, Ketua Senat Akademik, Ketua MWA, dan Ketua IKA FIB Undip Dr Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM.

Rektor Undip Prof Suharnomo, gedung Art Center FIB tersebut merupakan fasilitas yang sangat luar biasa untuk ekspresi budaya. "Ini fasilitas sangat luar biasa, tempat untuk ekspresi budaya terutama untukteman-teman FIB dan Undip umumnya," ujar Prof Suharnomo.

Ia juga mengapresiasi acara peresmian tersebut, karena FIB juga menggandeng para pelaku UMKM dalam kegiatan tersebut. "FIB sangat luar biasa, bisa menggandeng tenant-tenant dari UMKM, ada batik, kesenian tradisional, dan fashion show," katanya.

Prof Suharnomo mengaku terharu dengan dukungan yang diberikan oleh IKA FIB Undip dalampembangunan gedung tersbut. "Kami sangat terharu atas support dari IKA FIB Undip, Dr Agustina Wilujeng, dan Dr Teguh Hadi Prayitno. Gedung Art Center yang sangat bagus ini merupakan karya IKA FIB yang diperuntukkan civitas akademika, untuk ekspresi budaya agar menyeimbangkan otak kanan dan kiri, serta work life balance," bebernya.

Ia menambahkan nantinya para civitas akademika Undip akan secara rutin menggunakan Gedung Art Center tersebut untuk ekspresi budaya. "Eman-eman kalau gedung ini tidak dimanfaatkan dengan sebaiknya. Nantinya gedung ini dimanfaatkan untuk mahasiswa secara umum, tapi host nya adalah FIB," tandasnya.

Ketua Umum IKA FIB Undip Dr Agustina Wilujeng, yang hadir dalam kegiatan peresmian tersebut menyatakan permintaan penggunaan Gedung Art Center itu sudah banyak sehingga harus segera dicarikan waktu khusus meresmikan.

Ia mengungkapkan Gedung Art Center tersebut merupakan pusat kebudayaan dan seni milik Fakultas Ilmu Budaya Undip. "Gedungnya bagus, ada gedung theater yang bisa digunakan untuk berbagai macam acara. Gedung ini sangat hommy, mudah-mudahan ini bisa menjadi kontribusi yang positif bagi Undip dan tentu bagi masyarakat budaya di Kota Semarang," tandasnya.

Dr Agustina Wilujeng yang juga merupakan Calon Wali Kota Semarang tersebut mengatakan di Kota Semarang ini banyak sekali kumpulan seniman dan budaya dengan adanya Gedung Art Center tersebut diharapkan menambah solusi untuk menampilkan seni budaya. "Biasanya rebutan tempat, nah ini ada yang baru dan bisa digunakan," ujarnya.

Ia menyatakan Gedung Art Center terseut meruoakan hasil kerja keras yang dilakukan oleh IKA FIB Undip. "Saya menginisiasi Art Center, kemudian saya lapor Mbak Puan (Puan Maharani- Ketua DPR RI) sebagai alumni Undip. Mbak Puan kemudian berupaya untuk difasilitasi oleh PUPR. Dimulai dari inisiasi hingga dapat itu 2 tahun," tukasnya.

Pembiayaan pembangunan Gedung Art Center itu dilakukan secara multiyears dan selesai selama 3 tahun.. 

Acara peresmian tersebut diisi dengan sejumlah penampilan budaya daerah seperti tarian batik, tarian Saman dari Aceh, serta fashion show.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut