get app
inews
Aa Read Next : Terancam Sanksi Akademik, Seorang Taruna Akpol Mengamuk dan Berduel dengan Perwira

Kenali Sosok Zaky, Anak Pedagang Plastik di Pasar Boyolali Lulus ITB dengan IPK Nyaris Sempurna

Sabtu, 27 Juli 2024 | 00:19 WIB
header img
Musholizaky Aflahal Mukmin, anak pedagang plastik di Pasar Boyolali lulus S1 Program Studi Metalurgi Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan IPK 3,99 atau nyaris sempurna. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kisah Musholizaky Aflahal Mukmin ini bisa menjadi inspirasi generasi muda. Anak pedagang plastik di Pasar Boyolali, Jawa Tengah itu lulus sidang sarjana (S1) Program Studi Metalurgi Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan IPK 3,99 atau nyaris sempurna.

Zaky, begitu ia akrab disapa, merupakan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah. Artinya dia bisa kuliah gratis sampai lulus di ITB. Zaky kuliah di Program Studi Sarjana Teknik Metalurgi ITB yang mempelajari prinsip dan aplikasi keilmuan fisika, matematika dan kimia serta engineering. 

Kisahnya saat melewati sidang kelulusan skripsi dibagikan salah satu dosen metalurgi ITB Imam Santoso melalui akun Instagram pribadinya @santosoim hingga viral di media sosial.

"Zaki, anak pedagang plastik di Pasar Boyolali, penerima beasiswa KIP-K lulus sidang sarjana metalurgi ITB dengan IPK 3,99/4," tulis dikutip Jumat (26/7/2024).

"Dia telah membuktikan bahwa walau dengan keterbatasan 'previlage' orang tua, dia tetap bisa berprestasi. Apa pun pekerjaan orang tua kita jangan pernah minder untuk bersaing selama kuliah," tulisnya lagi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut