get app
inews
Aa Read Next : Menang Mudah di Aileex 9-Ball Open Tournament 2024, Juara Dunia Junior Derin Asaku Hajar Aan RK87

Berikut Adalah 5 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Sabtu, 08 Juni 2024 | 16:50 WIB
header img
Bulan Dzulhijjah salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah memiliki banyak keutamaan di dalamnya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Ada banyak keutamaan 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah yang disebutkan dalam Al Quran dan hadits. Karena itu, umat Islam harus memanfaatkan momentum tersebut dengan memperbanyak amalan ibadah. 

Berdasarkan hasil sidang isbat Kemenag, Jumat (7/6/2024), 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Sedangkan Idul Adha jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Bulan Dzulhijjah merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Dzulhijjah disebut juga dengan Bulan Haji atau Bulan Qurban. Sebab, di bulan tersebut merupakan waktu utama yang disyariatkan untuk melaksanakan ibadah haji dan berqurban.

Allah berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan tersebut. Oleh karena itu, ia juga dinamakan Syahrullah Asham, yang artinya Bulan Allah yang Sunyi karena larangan berperang itu.

Dikutip dari Buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karangan Hanif Luthfi,  orang-orang Arab menamai Bulan Dzulhijjah karena pada bulan tersebut mereka melakukan ibadah haji sebagai bentuk pelaksanaan ajaran-ajaran Nabi Ibrahim. Kebiasaan tersebut sudah ada sejak zaman jahiliyah. Dzulhijjah berasal dari dua kata yakni, Dzul yang artinya pemilik dan Al Hijjah artinya haji.

Muhammad Ajib dalam bukunya Fiqih Qurban Perspektif Mazhab Syafi'i, Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan selain Bulan Ramadhan. 

Keistimewaan Bulan Haram ini salah satunya disebutkan 10 hari pertama Dzulhijjah dijadikan media bersumpah oleh Allah. Selain itu, amalan 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah dinilai sangat utama dan paling dicintai oleh Allah SWT.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abdullah ibn ‘Abbas, Rasulullah bersabda:

"مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ" -يَعْنِي عَشَرَ ذِي الْحِجَّةِ -قَالُوا: وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ؟ قَالَ: "وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، إِلَّا رَجُلًا خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، ثُمَّ لَمْ يَرْجِعُ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ"

Artinya: Tiada suatu hari pun yang amal saleh lebih disukai oleh Allah padanya selain dari hari-hari ini. Yakni sepuluh hari pertama dari Bulan Dzulhijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, "Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah?" Rasulullah Saw. menjawab: Dan juga lebih utama daripada berjihad di jalan Allah, terkecuali seseorang yang keluar dengan membawa hartanya untuk berjihad di jalan Allah, kemudian tidak pulang selain dari namanya saja.

5 Keutamaan
10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
1. Disebutkan Khusus dalam Al Quran
Al Quran secara khusus menyebut keutamaan Bulan Dzulhijjah terutama di 10 hari pertama yang disebut dengan hari-hari istimewa atau al ayyam al maklumat (hari-hari yang telah diketahui).

Imam As Syafi'i menyebutkan bahwa maksud dari hari-hari yang diketahui adalah 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah.

Hal itu disebutkan dalam Al Quran, Surat Al Hajj ayat 28.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut