get app
inews
Aa Read Next : Bazar Murah Caleg Perindo GKR Ayu Koes Indriyah Disambut Antusias Warga

Upacara Hardiknas, Nursalam Ingatkan Ajaran "Tri Nga"

Kamis, 02 Mei 2024 | 16:59 WIB
header img
Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Nursalam, dalam amanatnya mengingatkan kepada para murid untuk meneladani konsep belajar Ki Hadjar Dewantara, yang disingkat dengan istilah "Tri Nga". Foto: Ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di hall sekolah setempat, Jl. Dr. Moewardi No. 24, Purwosari, Laweyan, Solo, Kamis (2/5/2024).

Karena keterbatasan tempat, upacara hanya diikuti oleh sebanyak 149 murid kelas II dan V dengan memakai pakaian identitas nasional, yaitu batik khas nusantara.

Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Nursalam, dalam amanatnya mengingatkan kepada para murid untuk meneladani konsep belajar Ki Hadjar Dewantara, yang disingkat dengan istilah "Tri Nga".

"Tri Nga adalah ngerti, ngrasa, dan nglakoni," ujarnya.

Selanjutnya, Nursalam menguraikan konsep Tri Nga tersebut. Pertama, ngerti, artinya bukan sekedar mengetahui, tetapi harus sampai pada tahap memahami.

"Ketika belajar, pastikan anak-anak bisa memahami konsep-konsep pelajaran yang disampaikan oleh guru. Beranilah bertanya dan menyampaikan pendapat, sehingga kalian betul-betul paham pelajaran tersebut," terang Nursalam.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut