get app
inews
Aa Read Next : Mencari Limpahan Rahmat dengan Puasa Dzulhijah Hari ke 4, Berikut Niat dan Tata Cara Melakukanya

Inilah 8 Tips Berpuasa Bagi Pengidap Anemia, Wajib Anda Simak!

Rabu, 20 Maret 2024 | 23:13 WIB
header img
8 Tips Berpuasa Bagi Pengidap Anemia (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Inilah 8 tips berpuasa bagi pengidap anemia yang wajib Anda simak. Pengidap anemia memiliki kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel-sel darah merah bertugas mengalirkan nutrisi dari makanan ke setiap sel tubuh.

Ketika menjalankan puasa, pengidap anemia sering merasa lemas, pusing, jantung berdebar, bahkan pingsan. Jika kamu ingin berpuasa, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter tentang pola makan saat puasa. 

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber pada Rabu (20/3/2024), Berikut adalah 8 tips berpuasa bagi pengidap anemia:

8 Tips Berpuasa Bagi Pengidap Anemia

1. Perhatikan Asupan Makanan

Pengidap anemia tidak boleh kekurangan gizi, terutama zat besi. Konsumsilah makanan yang bergizi saat sahur dan buka puasa. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, vitamin B, serta mineral.

2. Makanan Saat Sahur

Saat sahur, pilih makanan bernutrisi lengkap, termasuk sayur dan buah-buahan yang kaya serat. Serat membantu memperlambat penyerapan, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah rasa lemas.

3. Makanan Saat Berbuka Puasa

 Puasa dapat menurunkan kadar gula dalam darah, membuat pengidap anemia merasa lebih lemas dan lesu. Berbuka dengan makanan dan minuman manis seperti kurma, teh manis hangat, dan kolak pisang. Usahakan sahur dan berbuka tepat waktu.

4. Banyak Mengonsumsi Zat Besi

Menu untuk berbuka puasa dan sahur sebaiknya mengandung zat besi tinggi. Zat besi penting dalam pembentukan sel darah merah. Pilih makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, hati, dan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli.

5. Konsumsi Kalsium dan Vitamin C

Selain zat besi, kalsium dan vitamin C juga penting untuk pengidap anemia. Dapatkan kalsium dari ikan teri dan susu, serta vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, dan sayuran seperti brokoli, kubis, dan wortel. Vitamin C membantu penyerapan zat besi.

6. Kurangi Minuman Berkafein dan Bersoda

Hindari konsumsi kopi dan minuman bersoda. Istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan selama puasa.

7. Minum Suplemen

 Jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang sesuai untuk mengatasi anemia.

8. Istirahat yang Cukup

 Selama puasa, istirahat yang cukup membantu tubuh memperbaiki sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Demikianlah  8 tips berpuasa bagi pengidap anemia. Ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa, terutama jika kondisi anemia cukup berat. Semoga puasa kamu berjalan lancar dan sehat!

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut