get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Tambaklorok Semarang Dihebohkan Atas Temuan Seorang Wanita Tewas di Dekat Dermaga

Alasan Wanita Lebih Membutuhkan Olahraga Daripada Pria, Berikut Ulasannya 

Minggu, 25 Februari 2024 | 11:08 WIB
header img
Ilustrasi pelari wanita. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Olahraga kini menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup yang mulai banyak digemari masyarakat. Bukan cuma pria, kini wanita pun sudah banyak yang menggeluti jenis olahraga ringan hinga berat seperti angkat beban.

Selain untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh, olahraga yang teratur juga bisa menyehatkan jantung serta menghilangkan stres. Tak perlu berat, dengan olahraga yang ringan tetapi rutin dilakukan juga akan memberikan dampak signifikan pada tubuh.

Menurut studi terbaru yang diluncurkan oleh Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa wanita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan olahraga dibandingkan pria. Melansir Hindustan Times, Jumat (23/2/2024), wanita hanya membutuhkan kurang dari 2,5 jam atau setara dengan 150 menit aktivitas olahraga sedang hingga berat per minggu untuk menurunkan kemungkinan kematian.

Sementara pria memerlukan waktu 5 jam atau setara dengan 300 menit setiap minggunya untuk berolahraga. Meski terpaut durasi yang cukup jauh, keduanya akan mendapatkan manfaat yang sama. Artinya wanita yang melakukan olahraga teratur dapat mengurangi risiko kematian sebesar 24 persen, dibandingkan dengan 15 persen pada pria. Studi ini menganalisis data kesehatan dari 412.413 orang dewasa di seluruh AS, mulai dari tahun 1997 hingga 2019. 

Beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh wanita untuk meningkatkan kebugaran tubuh yaitu latihan aerobik seperti jalan cepat, jogging atau lari, bersepeda, dan juga berenang. Selain itu, yoga dan pilates juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh sekaligus mengurangi stres dan menambah keseimbangan otot secara keseluruhan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut