get app
inews
Aa Read Next : Kemenag Dorong UIN Palu Akselerasi Guru Besar untuk Hadapi Era Persaingan Bebas

Dahsyat, MA Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Gelar Seminar Full Bahasa Arab

Kamis, 22 Februari 2024 | 08:55 WIB
header img
MA Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen sukses selenggarakan International Cultural Sharing and Islamic Olympiad (ICSIO) #2 2024. Foto: Ist

SRAGEN, iNewsJatenginfo.id - Sabtu, (17/02/2024) menjadi hari bersejarah di MA Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, dengan suksesnya penyelenggaraan International Cultural Sharing and Islamic Olympiad (ICSIO) #2 2024. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sragen tersebut digelar selama satu hari ini menarik perhatian para peserta dan pendamping lomba yang hadir. 

ICSIO #2 merupakan kegiatan pertukaran budaya dari berbagai negara yang dirancang dengan adanya lomba-lomba keislaman dan talkshow internasional. Pada ICSIO #2 ini MA DIMSA hadirkan 3 pembicara dari 3 negara, yakni Yousra (Maroko), Akrom (Comoros), dan Omar (Bangladesh). Dengan kefashihan dalam berbahasa arab dan ciri khas yang dimiliknya, ke tiga tamu ini sukses memukau para peserta ketika international cultural talkshow diselenggarakan.  

Hal ini diungkapkan salah satu pembicara dari Comors yang terpukau dengan adanya acara ini. Dia memuji bahwa sekolah ini indah dan memiliki banyak keistimewaan.

“Massya Allah, Tabarakallah. Sekolahnya indah sekali dan didalamnya banyak keistimewaan yaitu kalian dapat mempelajari bahasa arab dan ilmu - ilmu syariah di dalamnya.” papar Akrom. 

Talkshow ini dipandu oleh Muhammad Nurul Mahdi dan Aisyah Amini selaku asatidz dari MA DIMSA yang fasih dalam berbahasa arab. Diskusi terkait kultur budaya yang ada di tiga negara tersebut, menjadi sorotan utama dalam acara talkshow tersebut. 

“Senang bisa kuliah di Indonesia karena negara yang aman, orang – orangnya yang ramah, dan juga kebudayaannya yang beragam. Itulah yang membuat saya senang dan betah tinggal di Indonesia.” papar Yosra salah satu pembicara dari Maroko. 

Harapan diadakannya kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi para siswa dan guru SMP/Mts se-Jawa Tengah akan pentingnya mempelajari dan memahami bahasa arab.

“kegiatan ini adalah syiar kami dalam upaya meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Arab” Ungkap Fuad Ibrahim, Kepala MA DIMSA.

Kesuksesan talkshow ini menegaskan pentingnya kerjasama internasional dalam mempromosikan pemahaman lintas budaya dan pengetahuan melalui bahasa Arab. Diharapkan bahwa acara serupa akan terus diadakan oleh MA DIMSA di setiap tahunnya, membawa kontribusi yang signifikan bagi kemajuan dalam pemahaman dan penguasaan bahasa Arab di seluruh peserta, pendamping, santri-santrinya, dan juga asatidznya.  

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut