Logo Network
Network

Wamenparekraf Dorong Kualitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan UMKM di Sidoarjo

Masdarul KH
.
Selasa, 13 Februari 2024 | 10:56 WIB
Wamenparekraf Dorong Kualitas Tata Kelola Destinasi Wisata dan UMKM di Sidoarjo
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat memberi materi dalam bimtek peningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan produk ekraf di Kabupaten Sidoarjo, Minggu (11/2/2024). (Foto: MPI/Masdarul KH)

SIDOARJO, iNewsJatenginfo.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (WamenparekrafAngela Tanoesoedibjo mendorong peningkatan dan penguatan kualitas tata kelola destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif (ekraf) di Sidoarjo, Jawa Timur. Dia juga membagikan tips agar produk UMKM warga punya daya saing untuk meningkatkan omzet penjualan.

“Kita harus yakin dengan produk kita. Produk kita juga harus konsisten kualitasnya sehingga jika kita mau naik kelas, misal ada instansi mau beli dalam jumlah besar dan terus-menerus, maka kualitasnya harus tetep terjaga,” ujar Angela dalam acara 'Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Produk Ekraf Kabupaten Sidoarjo' di Hotel Luminor Sidoarjo, Minggu (12/2/2024).

Wamenprekraf membagikan tips agar produk semakin berdaya saing dengan menekankan pelaku ekraf harus proaktif di era digital, terutama dalam memasarkan produknya. Selain itu juga mendorong pelaku ekraf agar bisa memperkuat branding dalam produknya.

“Ke depan kita harus meningkatkan kapasitas dalam penjualan online. Di marketplace itu ada berbagai macam produk berkompetisi dan itu butuh kiat-kiat tersendiri tentang bagaimana brandingnya, pengemasannya, ini memang butuh pemahaman khusus dan ada proses trial error,” kata Wamenparekraf. 

Dalam mendukung pelaku parekraf agar bisa berdaya saing, Kemenparekraf/Baparekraf mengembangkan beberapa program. Di antaranya memberikan pelatihan dan pendampingan melalui re-skilling, up skilling dan new skilling dengan menghadirkan mentor yang kompeten di bidangnya. 

“Kami banyak mengembangkan program di antaranya program Bedah Desain Kemasan (Bedakan), kami juga memberikan pelatihan online, bahkan bekerja sama dengan marketplace untuk bagaimana cara berjualan yang efektif di marketplace tersebut,” ucapnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini