get app
inews
Aa Read Next : Rob Kembali Genangi Jalur Pantura Semarang-Demak Sepanjang 500 Meter, Lalulintas Tersendat

Kemunculan Pulau Arnavat sebagai Destinasi Wisata Baru di Demak, Ini Kata Pakar Geologi

Selasa, 23 Januari 2024 | 20:12 WIB
header img
Warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah memiliki destinasi wisata baru yaitu Pulau Arnavat. Pulau tersebut berada di tengah perairan Laut Jawa. Foto: Ist

DEMAK, iNewsJatenginfo.id - Warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah memiliki destinasi wisata baru yaitu Pulau Arnavat. Pulau tersebut berada di tengah perairan Laut Jawa. 

Secara teritori pulau ini ada di Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Hamparan pasir di luar bibir pantai ini semula adalah sedimentasi pasir yang mengendap lama, oleh masyarakat setempat kemudian disebut pulau. 

Tidak diketahui pasti luas Pulau Arnavat lantaran setiap hari berubah-ubah, namun untuk hamparan pasir di sepanjang Desa Surodadi diperkirakan mencapainya 50 hektare.

Pakar lantas merespon kemunculan Pulau Arnavat di Demak. Menurut Handoko Teguh Wibowo, pakar geologi yang juga pengurus Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), ada dua kemungkinan penyebab munculnya Pulau Arnavat. 

Handoko mengatakan bahwa pulau tersebut bisa jadi merupakan hasil dari pergerakan tektonik atau tekanan endogen dari dalam bumi. Dia menjelaskan bahwa pulau tersebut tidak mungkin terbentuk karena proses alamiah di pantai seperti ombak atau arus yang membentuk gundukan pasir.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut