get app
inews
Aa Read Next : IMM Kendal Menyoroti Kelangkaan Gas LPG di Masyarakat

Generasi Kendal Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Bonus Demografi

Selasa, 09 Januari 2024 | 23:19 WIB
header img
Nur Ma’ruffin, Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal Dapil 1 dari Partai Golkar, menyinggung terkait kesiapan masyarakat setempat dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Foto: Ist

KENDAL, iNewsJatenginfo.id - Dalam salah satu kampanye di daerah Kendal, Nur Ma’ruffin, Calon Anggota DPRD Kabupaten Kendal Dapil 1 dari Partai Golkar, menyinggung terkait kesiapan masyarakat setempat dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Generasi Emas 2045 merupakan sebuah wacana, dan gagasan yang akan lewat begitu saja jika tidak dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Di antara upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan para generasi muda Indonesia yang berkualitas, kompeten, dan berdaya saing tinggi.

“Di tahun 2045 nanti, Indonesia diperhitungkan mendapatkan bonus demografi, di mana jumlah penduduk Indonesia sebesar 70% berada dalam usia produktif yang berkisar di angka 15-64 tahun. Dan jika bonus demografi ini tidak dipersiapkan dengan baik, yang ditakutkan justru akan membawa dampak buruk terutama masalah sosial dan ekonomi.” kata Nur Ma’ruffin dalam sambutannya, Selasa  (9/01/2024).

Dalam menghadapi bonus demografi tersebut, negara harus betul-betul berperan besar untuk ikut serta mempersiapkan generasi muda. Dimulai dari lingkup-lingkup paling kecil di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi, sehingga  mendapati hasil yang maksimal dan kesiapan yang merata. 

Selain itu, Ia juga mengungkapkan pada momentum seperti ini, dibutuhkan ruang-ruang diskusi dan bertukar pikiran antara masyarakat dan pejabat pemerintah untuk mampu bersinergi dalam memantapkan kesiapan tersebut. Maka, masyarakat setempat, terkhusus generasi muda diminta untuk mempersiapkan diri baik secara teori maupun kemampuan beradaptasi dan bersaing.

Nur Marufin mengatakan salah satu target yang perlu difokuskan juga adalah pertumbuhan ekonomi. Sampai hari ini, permasalahan ekonomi masih menjadi problem besar bangsa ini. Maka dengan memaksimalkan kesiapan menghadapi bonus demografi, diharapkan mampu meningkatkan kualitas ekonomi bangsa, khususnya masyarakat Kendal. 

“Fasilitas-fasilitas penunjang sangat dibutuhkan berupa pelatihan maupun kelas-kelas yang berisi pendampingan terhadap generasi muda agar dapat membekali dirinya dengan kemampuan-kemampuan seperti; pemanfaatan teknologi informasi, kewirausahaan, sampai pada pola-pola persaingan dan cara beradaptasi,” jelasnya.

Di penghujung kampanye, Nur Ma’ruffin meminta dukungan pada masyarakat di Kabupaten Kendal dan menyampaikan harapannya agar dapat terus dikawal dan bersinergi dengan masyarakat setempat terutama dalam hal pengambilan keputusan dan pembentukan kebijakan daerah, yang tentu akan sangat berdampak pada masyarakat setempat. Ia juga menyampaikan komitmennya untuk membantu generasi Kendal dalam menghadapi bonus demografi.

Proses kampanye masih terus dilakukan oleh Nur Ma’ruffin di berbagai desa di Dapil 1 kendal dalam rangka mensosialisasikan visi dalam rangka membawa perubahan positif di Kabupaten Kendal.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut