get app
inews
Aa Read Next : IMM Kendal Menyoroti Kelangkaan Gas LPG di Masyarakat

Profil Pelajar Pancasila; Ciri Karakter dan Kompetensi yang Diharapkan untuk Peserta Didik

Kamis, 07 Desember 2023 | 19:08 WIB
header img
Leonardo Ludwig Krisnada saat menyampaikan sambutan dalam workshop pendidikan dengan tema “Mewujudkan Potensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Terciptanya Pelajar Pancasila melalui Merdeka Belajar” di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).

KENDAL, iNewsJatenginfo.id - Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Hal itu disampaikan Pemerhati Pendidikan dan Budayawan Samuel Wattimena saat menjadi pembicara Workshop Pendidikan dengan tema “Mewujudkan Potensi Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Terciptanya Pelajar Pancasila melalui Merdeka Belajar” di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023). 

Workshop yang diikuti para guru di Kabupaten Kendal itu, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi  Bersama dengan Komisi X DPR RI di hotel Sae Inn Kendal. 

“Kegunaan profil pelajar Pancasila untuk menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Menjadi panduan pengembangan karakter  bagi pendidik dan pelajar Indonesia” ujar Samuel.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM. yang diwakili oleh Leonardo Ludwig Krisnada  menekankan agar semua orang yang lebih dewasa untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang nilai-nilai Pancasila melalui seluruh media yang ada. 

“Saya minta guru-guru yang hadir di sini untuk lebih mengedepankan proses-proses kita menjaga anak agar lebih memahami dan menjalankan nilai-nilai Pancasila,” ujar Mas Nada panggilan akrab Leonardo Ludwig Krisnada.

Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Kendal Drs. Fernando RAD Bonay, serta menghadirkan pembicara lainnya yaitu Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jateng yang juga seorang dosen Dr. Teguh Hadi Prayitno, MM, M. Hum, MH.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut