get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Terima Berbagai Penghargaan, Diantaranya Pertumbuhan Ekonomi

Pemprov Jateng Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Harga Sembako Menghadapi Nataru

Senin, 04 Desember 2023 | 19:37 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai menyiapkan langkah antisipasi guna mengahadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai menyiapkan langkah antisipasi guna mengahadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satu upaya yang dilakukan adalah memastikan stabilitas harga bahan pokok. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyampaikan hal itu di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (4/12/2023).

“Kita harus mengantisipasi melonjaknya harga sembako. Ini perlu kami antisipasi,” ucap Nana.

Pantauan secara intensif itu mulai dilakukan untuk melihat gejolak harga pasar untuk volatile food. Hal itu dilakukan agar pada saat Nataru nilai inflasi tetap terjaga. Termasuk mengantisipasi adanya penimbunan bahan pokok. “Jangan sampai kemudian stabilisasi harga atau inflasi naik kembali. Juga adanya kemungkinan penimbunan-penimbunan sembako,” sambungnya.

Untuk antisipasi penimbunan bahan pokok tersebut, Pemprov Jateng terus berkoordinasi dengan Satgas Pangan Polda Jateng. Sehingga begitu terjadi indikasi penimbunan, maka akan langsung dilakukan langkah tegas. Antisipasi lain yang dilakukan adalah persoalan transportasi. Sebab, selain berpengaruh pada harga bahan pokok, transportasi juga berkaitan dengan adanya mobilisasi masyarakat pada saat libur Nataru.

“Biasanya kan banyak masyarakat yang akan pulang ke kampung atau daerah masing-masing. Kita harus mampu mengatasi masalah transportasi,” jelas Nana.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut