get app
inews
Aa Read Next : Taksi Terbang Bakal Hadir Sebagai Transportasi Umum di IKN

Optimalisasi Program Pembangunan untuk Menjadikan Kota Semarang sebagai Smart City

Sabtu, 11 November 2023 | 08:16 WIB
header img
Mbak Ita saat acara Presentasi dan Interview Dalam Rangka Evaluasi Tahap II Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023 di Situation Room, Balaikota, Kamis (9/11/2023). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan optimalisasi program-program pembangunan untuk menjadikan Kota Semarang sebagai Kota Cerdas (Smart City). Demikian yang disampaikan Mbak Ita saat acara Presentasi dan Interview Dalam Rangka Evaluasi Tahap II Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023 di Situation Room, Balaikota, Kamis (9/11/2023).

“Ya kita tadi sudah mendapatkan banyak masukan dari asesor, bahwa kita diminta untuk mengefisienkan aplikasi. Misal Smart Living, itu jadi satu aplikasinya. Smart Economy, satu aplikasi sehingga tidak terlalu banyak aplikasi yang ada di Kota Semarang. Dan itu sejalan dengan ide saya,” ujar Mbak Ita.

Mbak Ita mengajak jajarannya untuk memanfaatkan teknologi untuk mendorong pengembangan UMKM seperti contohnya melakukan pelatihan menggunakan AR (Augmented Reality).

“Dari hasil penilaian ini menunjukkan bahwa Smart City tidak hanya berbentuk digital atau aplikasi-aplikasi. Tapi terkait juga energi terbarukan, terkait air bersih, (penanganan) banjir. Yang bagaimana ini mengolaborasikan antara teknologi dan aplikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mbak Ita juga menuturkan rencana Pemkot Semarang untuk mengaktifkan kembali Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) yang nantinya akan berjalan dengan sistem Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Program ini mendapat dukungan dari Kementerian Keuangan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut