get app
inews
Aa Read Next : Manfaat dan Kegunaan Kulit Pisang yang Jarang Diketahui Orang, Simak Dibawah Ini!

Manfaat dan Keajaiban Bunga Telang Luar Biasa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jum'at, 10 November 2023 | 23:51 WIB
header img
Manfaat luar biasa bunga Telang untuk kesehatan dan kecantikan. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUKiNewsJatenginfo.id, - Bunga telang adalah jenis tanaman merambat yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru atau ungu. Nama ilmiahnya adalah Clitoria ternatea. Tanaman ini memiliki daun majemuk, dan bunganya sering digunakan untuk tujuan dekoratif, pewarna alami, serta dalam pengobatan tradisional

Kandungan senyawa seperti anthocyanin membuatnya bermanfaat dalam berbagai aplikasi, termasuk perawatan kulit, penyembuhan luka, dan sebagai sumber pewarna alami. Selain itu, bunga telang juga memiliki sifat antimikroba dan pengusir serangga alami. 

Dengan kombinasi keindahan dan manfaat kesehatannya, bunga telang menjadi tanaman yang cukup populer dan serbaguna. Bunga telang, yang sering dikenal dengan nama kembang telang atau kembang biru, bukan hanya sekadar elemen dekoratif yang mempercantik taman atau hidangan. Tanaman ini memiliki sejumlah manfaat yang mencakup berbagai aspek, mulai dari kesehatan hingga keindahan alam.

Berikut adalah beberapa manfaat utama buanga Telang :

1. Sumber Pewarna Alami 

Bunga telang mengandung senyawa yang disebut anthocyanin, pigmen alami yang memberikan warna biru pada bunga ini. Anthocyanin dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan dan minuman, menggantikan pewarna buatan yang seringkali kurang sehat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut