get app
inews
Aa Read Next : Rapat Paripurna Sahkan APBD 2024 Kota Semarang Sebesar Rp 5,45 Triliun

Mbak Ita Permudah Transaksi Pelayanan Pemkot Semarang dengan Sistem Digital

Senin, 30 Oktober 2023 | 19:32 WIB
header img
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong penggunaan sistem digital untuk mempermudah transaksi semua jenis pelayanan di Pemkot Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong penggunaan sistem digital untuk mempermudah transaksi semua jenis pelayanan di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Pihaknya bakal menerapkan sistem pembayaran administrasi menggunakan QRIS di setiap pelayanan. 

“Ya kita memulai dari Pemkot Semarang. Kita berbicara setiap masyarakat, stakeholder diminta pakai QRIS dan digitalisasi. Tapi kalau kitanya sendiri tidak memulai, ya tidak bisa seperti itu. Maka, untuk mendorong digitalisasi sesuai Instruksi Presiden dan pemenuhan indikator digitalisasi di Kota Semarang, saya minta di semua tempat supaya menerapkan digitalisasi,” ungkap wali kota perempuan pertama di Kota Semarang saat penyerahan QRIS pedagang di kantin Lingkungan Balai Kota Semarang, Senin (30/10). 

Selama ini pihaknya telah berkeliling dan mengajak pedagang pasar tradisional dan PKL untuk memanfaatkan QRIS, sehingga pihaknya merasa perlu mengajak pedagang di lingkungan Balaikota untuk menggunakan QRIS. Pihaknya lantas meminta pada Bagian Rumah Tangga Setda Kota Semarang selaku pengelola kantin agar para pedagang juga menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi. 

Sementara saat ini, sejumlah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kota Semarang telah menerapkan pembayaran secara digital. Seperti pembayaran retribusi, parkir, dan transaksi lainnya. 

Penggunaan transaksi digital melalui QRIS ini menurut mbak Ita akan memberikan beragam keuntungan, utamanya dalam kemudahan transaksi para konsumen. “Sekarang ini kan banyak milenial, baik ASN, non ASN dan tamu kan sering jajan di sini. Sehingga ini mendorong digitalisasi sesuai dengan instruksi Bapak Presiden,” terangnya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut