get app
inews
Aa Read Next : Wapres: Dissenting Opinion dalam Putusan MK terkait Sengketa Pilpres Bisa Dijadikan Perhatian DPR

Inilah Profil Gibran Rakabuming yang Didukung Golkar Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 23:16 WIB
header img
Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi jadi Cawapres mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Profil Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diusulkan Partai Golkar sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres). Gibran didukung Partai Golkar untuk mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo," ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat Rapimnas Partai Golkar di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Profil Gibran Rakabuming Raka
Gibran Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1 Oktober 1987. Dia merupakan anak pertama pasangan Jokowi dan Iriana dan memiliki dua adik bernama Kahiyang Ayu serta Kaesang Pangarep.

Gibran menempuh pendidikan SD sampai SMP di Solo lalu melanjutkan SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura. Setelah lulus pada 2002, dia melanjutkan pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan University of Technology Insearch di Sydney, Australia.

Tahun 2005, saat masih berkuliah di Singapura, ayahnya dilantik menjadi Wali Kota Solo periode 2005-2010. Kemudian setelah Gibran pulang ke Indonesia pada 2010, sang ayah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai akhirnya terpilih menjadi Presiden.

Bergelut di Dunia Bisnis
Awal kariernya usai menyelesaikan studi pada 2010, Gibran kembali ke Indonesia dan mulai membuka bisnis katering Chilli Pari Catering Service. Dia kemudian dipercaya menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Melanjutkan karier bisnis, dia bersama sang Kaesang membuka usaha kuliner Markobar, bisnis kafe yang berdomisili di Solo dengan menjual aneka macam martabak.

Selanjutnya Gibran terus memperluas bisnisnya dengan membuka start-up. Pada 2018 dia mendirikan Kerjaholic, aplikasi yang menghubungkan para pencari kerja dengan perusahaan.

Di tahun yang sama, Gibran membangun Goola bersama Kevin Susanto dan memeroleh pendanaan dari Alpha JWC Ventures, senilai Rp71 miliar. Setelah itu Gibran kembali memperluas bisnis kuliner. Dia bersama chef Arnold Poernomo, pengusaha Randy Julius serta Kaesang kemudian mendirikan restoran Mangkokku.

Terjun ke Dunia Politik
Tahun 2020, Gibran mulan terjun ke dunia politik. Dia maju sebagai calon Wali Kota Surakarta mengikuti jejak ayahnya dengan berpasangan bersama Teguh Prakosa sebagai wakilnya. Pasangan ini memenangkan pilkada hingga akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta menetapkan pasangan Gibran dan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta.

Gibran Rakabuming Raka dan Keluarga
Gibran menikahi mantan Putri Solo Selvi Ananda pada Juni 2015. Pasangan itu dikaruniai seorang putra diberi nama Jan Ethes Srinarendra pada Juni 2015.

Empat tahun kemudian atau tepatnya pada 15 November 2019, pasangan Gibran dan Selvi dianugerahi buah hati lagi yakni seorang putri yang diberi nama La Lembah Manah.

Itulah profil Gibran Rakabuming Raka, seorang pengusaha sukses serta Wali Kota Solo dan diusulkan Partai Golkar maju sebagai Cawapres.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut