get app
inews
Aa Read Next : Atlet Para Renang Rifky Yavianda Pecahkan Rekor Asia dengan Sumbang Emas Kedua untuk Indonesia

Perbaiki Catatan Edisi 2018, Tim BMX Indonesia Torehkan Emas dan Perunggu di Asian Games 2022

Minggu, 01 Oktober 2023 | 23:35 WIB
header img
Cabor balap sepeda BMX Putri di ajang Asian Games 2022. (Foto: PB ISSI/NICK HANOATUBUN)

HANGZHOU, iNewsJatenginfo.id – Tim Indonesia berhasil menorehkan satu medali emas dan satu medali perunggu lewat cabang olahraga (cabor) balap sepeda disiplin BMX Putri di ajang Asian Games 2022. Hasil tersebut pun membuat Tim BMX Indonesia memperbaiki catatan dari edisi sebelumnya di Jakarta pada 2018 lalu.

Balapan tersebut berlangsung di Chun’an Jieshou Sports Centre, Hangzhou, China, Minggu (1/10/2023). Medali emas tersebut disumbangkan oleh Amellya Nur Sifa yang tampil sempurna dalam tiga kesempatan run. 

Pada final Moto 3, Sifa mendapatkan 3 poin di run pertama usai mencatatkan waktu 44,065 detik. Dia lalu mendapat 2 poin di run kedua dengan 43,290 detik. Terakhir, dia meraih 1 poin tambahan di run terakhir dengan 43,918 detik.

Tampil sensasional, Sifa mengalahkan wakil tuan rumah China, Gu Quanquan yang menempati peringkat kedua dan berhak atas medali perak. Sementara medali perunggu direbut pembalap Indonesia lainnya, Jasmine Azzahra Setyobudi.

Hasil satu medali emas dan satu perunggu dari BMX ini memperbaiki raihan yang dicapai pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Saat itu, Tim Indonesia meraih satu perak dari I Gusti Bagus Saputra dan satu perunggu dari Wiji Lestari melalui disiplin BMX.

Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haris Poernomo, ikut senang dengan pencapaian ini. dia bersyukur timnya bisa memperbaiki catatan dari edisi 2018 lalu di Asian Games 2022.

“Terima kasih atas semua dukungan dan support yang begitu banyak dari Ketua Umum kami, Jenderal Polisi Listyo Sigit yang selama ini begitu banyak memberikan spirit kepada kami dan tim balap sepeda Indonesia,” kata Dadang dikutip dari rilis NOC Indonesia, Minggu (1/10/2023).

“Alhamdulillah kita bisa memperbaiki prestasi yang diraih di Asian Games 2018 melalui pembalap muda kita. Tidak lupa untuk seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung dan mendoakan kami dimana pejuang pahlawan olahraga ini berjuang di Asian Games 2022 Hangzhou,” ujarnya.

Dengan hasil tersebut, kini Indonesia menambah satu perolehan medali emas menjadi empat yang dilengkapi dengan tiga medali perak dan 11 medali perunggu. Tim Merah-Putih total mengumpulkan 18 medali dan naik ke posisi 10 klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2022.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut