get app
inews
Aa Read Next : Heri Susanto: KTT G20 Tahun 2022 di Indonesia Jadi Momen Bersejarah

Sambut Maulid Nabi, Warga Kendal Peringati dengan Tradisi Weh-wehan

Kamis, 28 September 2023 | 15:47 WIB
header img
Warga Kaliwungu Kendal menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara berbagi makanan dan jajan yang dikenal dengan tradisi weh-wehan. (Eddie Prayitno)

KENDAL, iNewsJatenginfo.id – Warga Kaliwungu Kendal menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara berbagi makanan dan jajanan. Tradisi berbagai makanan dengan cara saling bertukar dikenal dengan tradisi weh-wehan atau ketuwin.

Tradisi weh-wehan ini hanya dilakukan warga kaliwungu dan sudah berjalan sejak puluhan tahun yang lalu. Berbagai makanan dan jajanan disiapkan warga sebagai bentuk suka cita menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Jajan khas Kaliwungu yang selalu ada dalam tradisi ini, seperti sumpil dan ketan aneka warga masih disiapkan warga. Meski demikian, banyak juga warga yang menyiapkan makanan siap saji.

Tradisi weh-wehan bagi anak-anak di Kaliwungu merupakan lebaran ketiga setelah Idul Fitri dan Idul Adha. Anak-anak mengenakan baju baru, membawa makanan keliling kampung.

“Bertukar makanan ini dilakukan setahun sekali dan biasanya keliling kampung untuk mendapatkan makanan beraneka macam,” kata Robit, warga kampung Kenduruan Kaliwungu, Rabu (27/9).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut