get app
inews
Aa Read Next : Kejutan Menarik di World Water Forum 2024, Indonesia Siapkan Pavilion Unik

Buka Workshop Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Diminta Tak Lupakan UMKM Jika Jadi Wapres

Jum'at, 15 September 2023 | 14:17 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Uno (baju batik hijau) bermain lesung dalam pembukaan workshop peningkatan inovasi dan kewirausahaan KaTa Kreatif di Karanganyar, Kamis (14/9/2023).

KARANGANYAR, iNewsJatenginfo.id - "Pak Sandiaga, kalau sudah jadi wapres, tolong tidak melupakan UMKM ya pak, terutama yang di Karanganyar ini".

Begitu permintaan salah satu pelaku UMKM kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota atau KaTa Kreatif di Karanganyar, Kamis (14/9/2023).

"Ya enggak lah bu. Justru saya mendorong pelaku UMKM untuk ekspor agar naik kelas," kata Sandiaga menjawab pertanyaan peserta.

"Cukup banyak UMKM dan ekonomi kreatif yang kami bina kami dampingi besarkan bersama Pak Ganjar, terutama di Jawa Tengah. Jadi kami tinggal meneruskan dan meningkatkan," kata Sandi.

Kabupaten Karanganyar merupakan lokasi ke-30 dari rangkaian program Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia 2023. Sebanyak 200 pelaku UMKM / ekonomi kreatif mengikuti Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan dalam program pengembangan KaTa Kreatif di gedung Kebudayaan Karanganyar itu.

Pembukaan workshop juga ini dihadiri Bupati Juliyatmono dan Sekda Timotius Suryadi. Event Director Yayasan Solo Batik Carnival, Ade Sugriwa dihadirkan sebagai nara sumber untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pemasaran dan manajerial modal usaha.

Dalam arahannya, Menparekraf Sandiaga Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Karanganyar agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Menurut dia, Kabupaten Karanganyar memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kuliner, seni pertunjukan, dan kriya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf.

"Diperlukan kreatifitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini," kata Sandiaga didampingi Sekda Karanganyar Timotius Suryadi.

Dikatakan, Kemenparekraf/ Baparekraf berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya.

"Salah satunya bentuk aktivasinya adalah penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota atau KaTa Kreatif Indonesia ini," tandasnya.

Selain dari pada itu, Kemenparekraf/ Baparekraf juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Karanganyar dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.(*)

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut