get app
inews
Aa Read Next : Cegah Stunting Dengan Tingkatkan Layanan KB di Pekalongan

Posyandu Terima Bantuan Antropometri Kit untuk Deteksi Stunting

Jum'at, 08 September 2023 | 17:25 WIB
header img
Kegiatan Posyandu Anggrek 1 RW 01 Kelurahan Debong Tengah, Tegal Selatan. Kamis 7 September 2023. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

TEGAL, iNewsJatenginfo.id - Untuk menunjang deteksi stunting di Kota Tegal, 41 Posyandu mendapat bantuan Antropometri Kit. Antropometri Kit merupakan suatu paket alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia.

Antropometri Kit juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak. "Tahun 2023 ini jumlah posyandu aktif yang ada di Kota Tegal sebanyak 208. Seluruh posyandu tersebut belum memiliki alat antropometri yang terstandar," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, Dr dr Sri Primawati Indraswari Sp.KK MM MH, Kamis (7/9/2023).

Usai penyerahan antropometri kit secara simbolis, dilanjutkan dengan pelatihan sejumlah kader cara pemakaian antropometri kit.

Untuk memperoleh data yang valid dan benar kata dr Sri Primawati dibutuhkan alat antropometri yang terstandar sesuai dengan KMK Nomor HK 01.07/Menkes/51/2022 tentang Standar Alat Antropometri dan Alat Deteksi Dini Perkembangan Anak.

"Dinas Kesehatan Kota Tegal berusaha memenuhi kebutuhan antropometri kit melalui dana DAK Fisik Tahun Anggaran 2023 melakukan pengadaan antropometri kit sebanyak 206 paket," terang dr Sri Primawati.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut