get app
inews
Aa Read Next : Jamu Diakui sebagai WBTB Dunia, Begini Sejarah dan Perkembangannya di Jateng

Peran Penting Budaya Dalam Empat Pilar Kebangsaan

Senin, 14 Agustus 2023 | 13:58 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti (AWP) menegaskan pentingnya Empat Pilar Kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Foto : ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI  Agustina Wilujeng Pramestuti (AWP) menegaskan pentingnya Empat Pilar Kebangsaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu disampaikan saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kafe Warga Lokal Semarang, Minggu (31/7).

Turut hadir sebagai narasumber V Djoko Riyanto (anggota DPRD Kota Semarang), Teguh Hadi Prayitno (Ketua IJTI Jateng), dan HM Rukiyanto AB (tokoh masyarakat) dengan moderator Goenawan Permadi (ketua Komite EKraf Semarang). Forum tersebut dihadiri kalangan generasi muda dan tokoh-tokoh kepemudaan.

Di dalam pembangunan kebangsaan, Empat Pilar Kebangsaan merupakan konsep yang penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Namun, dalam konteks ini, penting juga untuk menyadari peran yang dimainkan oleh budaya dalam keberhasilan implementasi Empat Pilar Kebangsaan, terutama di kalangan generasi muda. Budaya menjadi kunci utama yang membentuk karakter dan nilai-nilai generasi muda yang akan menjadi pemegang tongkat estafet kebangsaan di masa depan.

Pancasila, sebagai ideologi nasional, tidak hanya mencakup aspek politik dan ekonomi, tetapi juga dimasukkan oleh unsur-unsur budaya yang menjadi dasar kehidupan masyarakat Indonesia. Budaya, tidak hanya terbatas pada kesenian dan adat istiadat, tetapi juga mencakup nilai-nilai, norma-norma, dan etika yang ditanamkan dalam setiap individu. Melalui pengenalan budaya yang kuat kepada generasi muda, mereka akan lebih memahami dan menghargai nilai-nilai Pancasila serta menjadikannya dasar interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Budaya

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 merupakan konstitusi tertulis yang menegaskan prinsip-prinsip dan ide-ide dasar yang membentuk identitas bangsa. Namun, budaya juga berperan penting dalam mewujudkan UUD 1945.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut