get app
inews
Aa Read Next : BEM KM Unnes Tingkatkan Kesadaran Gen Z Terhadap Tantangan dan Ancaman di Kawasan Asia Pasifik

Rakernas IKA UNDIP di Jakarta Dimuali Hari Ini, Sejumlah Menteri Dijadwalkan Hadir

Sabtu, 25 Februari 2023 | 10:47 WIB
header img
Logo Ika Undip. Foto: Ist

Adapun Menteri ESDM Arifin Tasrif akan membahas peluang energi terbarukan di dalam memperkuat ekonomi rakyat dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan membahas tentang businees matching produk riset universitas yang berorientasi pada penguatan hilirisasi industri.

Selain itu, ia juga menuturkan, tema rakernas “Memperkuat Sinergitas dan Kolaborasi untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” ini juga akan menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara Ika Undip, pemerintah, dunia usaha dan industri, dan civitas akademika Undip.

“Dalam konteks Indonesia Emas 2045 Ika Undip dan para alumninya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak di dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, teknologi, dan sosial budaya,” ungkapnya, Sabtu (25/2/2023).

Berbasis akademis seperti IKA Undip, ia menialai sangat penting dalam sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan kelompok masyarakat.

Hal itu karena, masing-masing pihak dapat saling mendukung dan memperkuat pencapaian dan tujuan bersama.

Contohnya dalam bidang ekonomi, kolaborasi dapat membantu membangun perekonomian Indonesia yang kuat dan berkelanjutan.

IKA Undip berperan melakukan pemberdayaan ekonomi melalui program-program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi para alumni berkualitasnya, sedangkan pemerintah dapat menciptakan regulasi dan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, sementara swasta berkontribusi dalam investasi dan menciptakan lapangan kerja.

Untuk membangun masyarakat yang harmonis, toleran, dan inklusif, dalam bidang sosial budaya diperlukan sinergi dan kolaborasi.

Menurutnya, pemerintah dapat menciptakan kebijakan yang mendukung harmoni dan toleransi antar suku bangsa, agama, dan budaya. Sedangkan IKA Undip berperan memperkuat nilai-nilai sosial dan budaya yang menghargai keragaman dan kesetaraan.

“Pada prinsipnya Ika Undip dan para alumninya siap untuk berperan dalam bidang apa pun mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Karding.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut