get app
inews
Aa
Read Next : Jawa Tengah Raih Penghargaan Innovative Government Award 2023 dari Kemendagri

Kemendagri Launcurkan Aplikasi 'Lapor APIP', APIP dan APH Temanggung Ikuti Rakornas

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:56 WIB
header img
Forkompinda mengikuti Rakornas Kemendagri secara online, Foto : Hms

TEMANGGUNG, iNewsJatenginfo.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka meningkatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)  dengan Aparat Penegak Hukum  (APH). Rakor tersebut membahas tentang Laporan/Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemda se-Indonesia sekaligus Penandatanganan Kerjasama anatara Kemendagri, Kejaksaan Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui Video Conference di Kementerian Dalam Negeri Indonesia (Kemendagri) Jakarta, sementara Bupati Temanggung mengikuti dari Ruang Gajah, Komplek Kantor Bupati Temanggung pada Rabu, (25/1/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkompinda
yang terdiri dari pimpinan DPRD, pimpinan kepolisian (Kapolres), pimpinan kejaksaan (Kajari) dan pimpinan satuan teritorial TNI (Dandim) di Temanggung.

Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir memaparkan, kegiatan Rakornas Inspektur Daerah Seluruh Indonesia merupakan tindak lanjut atas hasil Rapat Koordinasi Forkopimda Tahun 2023. Sejumlah 700 peserta hadir langsung pada kegiatan Rakor yang terdiri dari Irjen Kementerian dan Lembaga beserta seluruh Inspektur Provinsi, Kabupaten/Kota, serta 902 peserta (Kepala Daerah, unsur Kejaksaan, dan Polri) mengikuti secara daring.

“Rapat koordinasi para Inspektur Seluruh Indonesia dan sekaligus penandatanganan MoU antara APIP dan APH, dalam hal ini adalah Bapak Mendagri, Jaksa Agung dan Kapolri yang diwakili oleh Kabareskrim Polri. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari tindak lanjut hasil Rapat Forkopimda pada tanggal 17 yang lalu di Sentul, dimana Bapak Presiden menetapkan delapan arahan untuk ditindaklanjuti,” ungkap Irjen Kemendagri saat membuka acara Rakornas.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut