Logo Network
Network

PDIP Masih Kokoh Bertahan di Nomor Satu Sampai Sekarang Dalam Survei Elektabilitas Partai

Jonathan Simanjuntak
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 23:52 WIB
PDIP Masih Kokoh Bertahan di Nomor Satu Sampai Sekarang Dalam Survei Elektabilitas Partai
Survei elektabilitas partai tempatkan Partai PDIP dan Gerindra dengan posisi terkuat, (Foto : SINDOnews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Hasil survei elektabilitas partai untuk Pemilu 2024 telah diumumkan oleh Lembaga survei Algoritma Research dan Consulting merilis. Sampai saat ini elektabilitas partai tertinggi yang akan dipilih dalam Pemilu 2024 nanti masih dipegang oleh Partai PDIP dan Partai Gerindra.

"Jika pemilu dilangsungkan hari ini, maka konfigurasi elektabilitas partai politik akan seperti ini, PDIP dan Gerindra kita notice sebagai partai papan atas, mereka di atas 10 persen," kata Direktur Riset dan Program Algoritma, Fajar Nursahid, Senin (23/1/2023).

Partai PDIP elektabilitasnya mendapatkan total suara 22,1 persen, menempatkan PDIP dengan rating tertinggi. Disusul dinomer kedua adalah Partai Gerindra yang memperoleh suara sebanyak 12,2 persen

Pada survei kali ini, Partai Nasdem berada pada urutan ketiga dengan peroleh 7,9 persen terpaut tipis dengan Partai Golkar yang mendapatkan suara 7,6 persen. Setelahnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6,8 persen, Partai Demokrat 5,3 persen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4,2 persen. "Partai selanjutnya seperti Nasdem, Golkar, Demokrat, dan PKS yang itu mereka di atas threshold, di atas empat persen," ucap dia.

Meski demikian Fajar mengatakan, pemilihan publik ini masih bisa berubah. Pasalnya dalam temuan selanjutnya, sebagian besar responden menyatakan bahwa pilihannya terhadap partai masih bisa berubah.

"50 persen lebih publik kita menyatakan akan berpindah, akan membuka pilihan dengan menunggu aspek-aspek wow apa yang diberikan partai politik," tutupnya.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini