Logo Network
Network

Undip Support Penggunaan Material Konstruksi Bangunan Ramah Lingkungan

Arif Purniawan
.
Sabtu, 10 Desember 2022 | 12:16 WIB
Undip Support Penggunaan Material Konstruksi Bangunan Ramah Lingkungan
Ketua Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Undip Semarang Jati Utomo Dwi Hatmoko saat memberikan paparan. Foto : ist

Lebih lanjut Roganda Harizona Saragih menjelaskan, keunggulan menggunakan produk semen ramah lingkungan dari SIG, antara lain durabilitas yang tinggi, panas hidrasi yang rendah, tahan terhadap sulfat dan klorida, kuat tekan optimal, dan tingkat emisi CO2 lebih rendah.

Sementara itu Concrete Tech & QA-QC Manager PT Solusi Bangun Beton (SBB), Arief Sutanto, dalam paparannya memperkenalkan produk beton ramah lingkungan, salah satunya SpeedCrete, solusi beton untuk perbaikan jalan yang memiliki kekuatan dini serta performa tinggi dan dapat kering dalam hitungan jam, kemacetan lebih lama dibandingkan menggunakan metode konvensional. “Selain itu, SBB juga memiliki produk ThruCrete, beton berpori dengan daya serap tinggi yang mampu mengalirkan air limpasan dari jalanan, permukaan lahan parkir, garasi, dan trotoar ke dalam tanah,” tambah Arief Sutanto.

Solusi beton ThruCrete telah diaplikasikan di sejumlah fasilitas publik, seperti shoulder taxi way Bandara Juanda di Jawa Timur, Rasuna Said Sidewalk, Kawasan Gelora Bung Karno dan proyek revitalisasi trotoar di DKI Jakarta, Alun-Alun Kota Depok, serta Kawasan Konservasi Tegalega di  Bandung, Jawa Barat.

Komitmen SIG dalam keberlanjutan juga dapat dilihat dari produk-produknya yang telah diakui sebagai produk ramah lingkungan dengan diraihnya Sertifikasi Green Label dari Green Product Council Indonesia (GPCI), memperoleh sertifikat Ekolabel Swadeklarasi dari KLHK dan menjadi yang pertama di Indonesia, serta penghargaan Industri Hijau Kinerja Terbaik dari Kementerian Perindustrian.

SIG fokus mengembangkan inovasi produk dan solusi berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bangunan yang terus berkembang dan mempromosikan konstruksi berkelanjutan di Indonesia, sekaligus memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepenting

Sharing session menghadirkan pembicara dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yakni Roganda Harizona Saragih, Senior Manager of Technical Sales SIG, serta Arief Sutanto, Concrete Tech & QA-QC Manager, PT Solusi Bangun. Kegiatan itu juga diikuti 300 mahasiswa Teknik Sipil Undip.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini