get app
inews
Aa Read Next : Halal Bi Halal Pimpinan Parpol se Jateng Adem Ayem dan Guyub Rukun

Polres Sukoharjo Siagakan Ratusan Personel Gabungan untuk Apel Pengamanan Pilkades

Kamis, 01 Desember 2022 | 11:54 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Letkol Czi Slamet Riyadi memeriksa pasukan pengamanan Pilkades 2022. iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id – Mengantisipasi potensi kerawanan saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 13 desa di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) pada, 8 Desember mendatang, Polres Sukoharjo siap mengerahkan ratusan personel pengamanan.

Sebagai bentuk kesiapan para personel yang terdiri gabungan Polri, TNI, dan unsur dinas terkait itu, dihadirkan dalam gelar apel pasukan di halaman Kantor Pemkab Sukoharjo, Rabu (30/11/2022), dipimpin Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

"Kerawanan yang mungkin akan timbul saat Pilkades harus dapat diantisipasi oleh semua pihak dengan bekerja sama dan bersinergi dengan baik," kata Bupati, didampingi Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Letkol Czi Slamet Riyadi.

Ditegaskan Bupati, Pilkades yang digelar enam tahun sekali ini, merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis.

"Diperlukan langkah pengamanan yang nyata untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menambah rasa percaya diri masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara langsung, jujur dan rahasia," kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, TNI dan Polri memperkuat soliditas dan sinergitas guna mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai. Oleh karenanya netralitas perlu dijaga untuk menghindari tindakan yang dapat menciderai penyelenggaraan Pilkades itu sendiri.

Sementara Kapolres Sukoharjo menambahkan, untuk pengamanan jalannya penyelenggaraan Pilkades, pihaknya berkolaborasi bersama TNI dan juga Linmas.

"Nantinya, di masing-masing TPS akan ditempatkan petugas gabungan TNI/Polri dan Linmas untuk memberi pengamanan," kata Wahyu.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut