get app
inews
Aa Read Next : Walikota Semarang Apresiasi PKK Mampu Jadi Solusi Persoalan Keluarga

Pelatihan Bank Sampah Wujudkan Kelestarian Lingkungan, SD di Sukoharjo Ini Digruduk Emak-emak

Senin, 28 November 2022 | 15:49 WIB
header img
Pelatihan Bank Sampah. Foto: Ist

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Saat ini sampah telah menjadi masalah serius yang harus ditangani, terutama dalam memelihara kelestarian dan kesehatan lingkungan.

Sampah yang berserakan dapat merusak lingkungan yang berakibat terjadinya pencemaran lingkungan.

Dalam pengolahan sampah pada lingkungan masyarakat desa kebanyakan masih bertumpu pada unsur penimbunan sampah kemudian dilakukan pembuangan dan pemusnahan dengan dibakar atau dibuang, atau pada pendekatan akhir, yaitu sampah dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah.

Ketua Dusun Palur Kulon Eny Rochayah menyampaikan, untuk mewujudkan salah satu Program Pokok PKK yaitu kelestarian lingkungan hidup, maka PKK bersama dengan 8 Bank Sampah yang ada di Dusun Palur Kulon mengadakan Pelatihan Bank Sampah untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan Bank Sampah, Minggu, (27/11/2022).

Sementara Dewangga Saputra selaku Kepala Dusun Palur Kulon menjelaskan, bank sampah yang ada di palur kulon menjadi upaya untuk mengatasi jumlah sampah yang membludak disini, jadi sampah yang sifatnya anorganik seperti plastik, kertas, kardus dan lainnya. Kemudian dipilah mulai dari rumah lalu disetorkan ke bank sampah sehingga dapat mengurangi sekitar 50% sampah yang dibuang kontener di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) jadi ini sangat membantu dan juga memiliki nilai ekonomi, konsepnya adalah mengubah sampah menjadi rupiah dan semoga membawa berkah.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut