get app
inews
Aa
Read Next : Angkatan Muda Muhammadiyah Jateng Kawal Netralitas dan Moralitas Pemilu 2024

Jokowi Gelar Pertemuan Bilateral dengan Perdana Menteri Jepang, Singgung Kerjasama Proyek MRT

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB
header img
Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Dalam pertemuan tersebut Jokowi meminta dukungan Jepang agar MRT bisa selesai tepa waktu. Foto : Setpres

BADUNG, iNewsJatenginfo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). Pertemuan dilakukan di sela-sela pelaksanaan KTT G20.

Dalam pertemuan dua perwakilan negara tersebut, Presiden berharap agar Jepang komitmen mendukung kelanjutan MRT. Pada akhir Oktober lalu, Indoensia dan Jepang menandatangani kerjasama proyek MRT.  

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 dan kerja sama studi MRT fase 3 pada akhir Oktober lalu.

“Saya harapkan dukungan Yang Mulia agar proyek MRT bisa selesai tepat waktu,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Terkait kerja sama ekonomi dengan Jepang, Jokowi mendorong penyelesaian IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement).

“Kinerja kerja sama ekonomi kita cukup baik. Saya yakin kinerja ini akan dapat lebih baik jika kita dapat selesaikan IJEPA segera,” tuturnya.

Selain itu, kerja sama di kawasan juga menjadi hal yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut. Jokowi menuturkan, keketuaan ASEAN oleh Indonesia bertepatan dengan peringatan 50 tahun ASEAN-Jepang.

Jokowi menekankan pentingnya untuk terus menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan membangun industri hijau di kawasan.

“Saya mendorong implementasi konkret sinergi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP). Tahun depan, Indonesia juga akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN. Indonesia juga ingin mengajak Jepang mempererat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik,” kata dia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut