get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Nobar di Simpanglima, Dukung Timnas Indonesia hadapi Irak

Call Center 112, Atasi Persoalan Warga Semarang Selama 24 Jam Dengan Layanan Cepat

Senin, 07 November 2022 | 12:59 WIB
header img
Sejumlah instansi di Pemkot Semarang menyosialisasikan layanan cepat 112 untuk berbagai persoalan masyarakat selama 24 jam. Foto : Eka Setiawan/MPI

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id Pemkot Semarang menyosialisasikan Call Center 112 di Car Free Day kawasan Simpang Lima, pada Minggu (6/11/2022) pagi. Pusat panggilan tersebut akan memberikan layanan cepat kepada warga Semarang, mulai dari kebakaran, kriminalitas, kecelakaan dan KDRT.

Tidak hanya itu, Call Center 112 juga memberikan layanan pengurusan jenazah, darurat bencana hingga evakuasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Masyarakat cukup dengan menekan nomor darurat di 112, bisa mengakses layanan cepat tersebut dengan #darurat112aja.

 “Hasil survei, baru 56,2 persen masyarakat yang tahu nomor darurat 112 itu, dan hanya 18,3 persen yang pernah menggunakannya,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang Soenarto, disela-sela kampanye.  

Dia mengatakan, berdasar survei pula, sebagian masyarakat masih bingung harus menghubungi ke mana ketika terjadi insiden darurat. Sebab itulah, pihaknya sengaja membuat kampanye dengan nada khasnya.

 “Untuk memudahkan masyarakat menghafal layanan nomor darurat 112 ini dan dapat getok tular ke tetangga dan saudara yang membutuhkan,” ujarnya.

Layanan darurat ini mudah, sebut Soenarto, sebab hanya ada satu nomor untuk penanganan berbagai kondisi, beroperasi 24 jam nonstop serta gratis biaya panggilan. Dia menyebut, ketika terjadi hal darurat di Kota Semarang masyarakat diharapkan bisa bertindak tepat.

 “Ingat 3T, yaitu Tenang agar dapat bertindak tepat, Tolong, dan Telepon Call Center 112 agar dapat ditangani dengan cepat oleh pihak terkait,” katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut