get app
inews
Aa Read Next : Inspiratif! Kisah Kesuksan Pemilik Air Asia Tony Fernandes Berawal dari Industri Musik

Mengaku Ingin Fokus ke Hal Lain, Tony Fernandes Hengkang dari CEO AirAsia

Selasa, 01 November 2022 | 14:15 WIB
header img
Tony Fernandes mengundurkan diri dari CEO AirAsia X (AAX) pada Senin (31/10/2022). Foto: AFP

KUALA LUMPUR, iNewsJatenginfo.idTony Fernandes merupakan CEO Capital A, induk AirAsia Aviation Group mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin (31/10/2022).

Fernandes beralasan ingin fokus pada komitmen lain.

Dilansir dari The Straits Times, Fernandes ingin berkonsentrasi pada perusahaan induk dan fokus untuk mengangkat perusahaan dari status Catatan Praktik 17 (PN17) yang disematkan ke AAX.

PN17 merupakan status yang diberikan kepada perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan dan dapat terkena delisting jika perusahaan gagal mengatur keuangan dalam kerangka tertentu.

"Dia ingin konsentrasi di Capital A dan secepatnya mencabut maskapai dari (status) PN17," menurut salah satu sumber dikutip, Selasa (1/11/2022).

Pada Oktober 2021, status PN17 dikenakan ke AAX, setelah auditor eksternalnya, Ernst & Young menyatakan disclaimer opinion atas laporan keuangan yang telah diaudit maskapai untuk periode keuangan 18 bulan yang berakhir pada 30 Juni 2021.

Tahun lalu, maskapai berbiaya rendah ini mengumumkan bahwa mereka memiliki waktu 12 bulan untuk mengatur kondisi keuangannya, dan tengah melakukan usulan restrukturisasi utang, serta penggalangan dana yang diusulkan.

Pengunduran diri Fernandes terjadi hanya beberapa hari setelah AAX mengungkapkan rencananya untuk merumuskan rencana komprehensif yang diusulkan untuk memperbaiki status PN17.

Terlepas dari perubahan penting dalam tim manajemen senior, sumber tersebut menunjukkan bahwa CEO AAX saat ini Benyamin Ismail akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan pertumbuhan AirAsia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut