get app
inews
Aa Read Next : One Way Arus Balik Diberlakukan Di Jalan Tol Trans Jawa

Cari Solusi Alternatif Pengganti Pupuk Bersubsidi, Pemerintah dan Masyarakat Temanggung Diskusi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:35 WIB
header img
Pemerintah dan masyarakat duduk bersama bahas alternatif pupuk bersubsidi. Foto: Ist/iNewsTemanggung.id

Joko menyebut, kesuburan secara agronomis tanaman sangat membutuhkan unsur yang cukup dimana dapat tercukup dari dua jenis pupuk subsidi yaitu Urea dan NPK. "Selain itu pembatasan komoditas subsidi secara Perpres dan secara rantai ekonomi bisa menyebabkan inflasi contoh secara langsung bawang merah dan bawang putih, kalau tidak langsung tebu kan jadi gula," tuturnya.

Dalam hal ini Permentan No 41 Tahun 2022 juga meninjau komoditas strategis ditinjau secara skala nasional. Namun demikian daerah juga mempunyai komoditas strategis yang tidak tercover pupuk subsidi.

Joko menyebutkan secara agronomis tanaman memang membutuhkan unsur hara yang makro esensial yang sudah dicukupi dari dua jenis pupuk subsidi Urea dan NPK. "Selain itu pembatasan komoditas subsidi secara Perpres dan secara rantai ekonomi bisa menyebabkan inflasi contoh secara langsung bawang merah dan bawang putih, kalau tidak langsung tebu kan jadi gula," tuturnya.

Bukan hanya itu Joko mengatakan, Permentan No 41 Tahun 2022 juga meninjau komoditas strategis ditinjau secara skala nasional. Namun demikian daerah juga mempunyai komoditas strategis yang tidak tercover pupuk subsidi.

Dikatakan kebutuhan pupuk Temanggung paling tinggi di Jawa Tengah, dari data pada tahun lalu sebanyak 27 ribu ton pupuk digunakan untuk menunjang komoditas baik tanaman pangan, perkebunan maupun hortikultura.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut