Jelang Pilkades Serentak, Polres Wonosobo Petakan Daerah Rawan Konflik

Farikh
.
Sabtu, 01 Oktober 2022 | 12:18 WIB
Kapolres Wonosobo memberikan arahan kepada anggotanya untuk memetakan daerah rawan konflik jelas pilkades. Foto: HMS/iNewsTemangung.id

WONOSOBO, iNewsJatenginfo.id - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Wonosobo, mulai memetakan daerah rawan untuk mengantisipasi menjelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 26 Oktober mendatang. 

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo mengatakan, pihaknya terus melakukan pemetaan sesuai dengan kondisi geografis serta sejarah tindak pidana yang pernah terjadi di beberapa desa. 

"Kami masih terus melakukan pemetaan wilayah sesuai dengan kondisi geografis dan sejarah tindak pidana yang pernah terjadi di sana. Saat ini Wonosobo aman," kata Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Presetyo Puspito di Wonosobo, Kamis (29/9/2022). 

Novan menuturkan pihaknya secara aktif melakukan patroli di 30 desa penyelenggara Pilkades 2022 yang tersebar di beberapa titik pemetaan.

Selain itu, Polres Wonosobo akan menerjunkan 605 personel untuk mengawal pada hari pencoblosan.

Menyikapi beberapa desa yang dinilai rawan saat pelaksanaan pilkades, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo Suwondo Yudhistiro mengatakan bakal calon kepala desa dan pendukungnya harus mengedepankan kampanye yang baik dan tidak melakukan kampanye hitam kepada calon lawan.

"Jangan membuat narasi yang menyudutkan, pemimpin terpilih adalah pemimpin yang memiliki kualitas dan legitimasi kuat di masyarakat," katanya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini