Logo Network
Network

Pasien Puskesmas Membeludak, Beberapa Terpaksa Dirawat di Lantai

Sugiyanto
.
Jum'at, 30 September 2022 | 11:20 WIB
Pasien Puskesmas Membeludak, Beberapa Terpaksa Dirawat di Lantai
Over Kapasitas, Pasien Puskesmas di Abdya Dirawat Dilantai. (Foto : iNews/ Herry).

BLANGPIDIE, iNewsJatenginfo.id - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) rawat inap di Gampong Ie Lhob, Kecamatan Tangan-Tangan, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, terjadi kelebihan daya tampung pasien. Sehingga pasien terpaksa harus dirawat diatas lantai karena daya tampungnya terbatas, Kamis (29/09/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Pantauan awak media, dimana enam pasien yang tidak mendapatkan tempat tidur dorong atau Bad terpaksa harus berbaring diatas kasur yang di gelar diatas lantai untuk mendapatkan perawatan dan adapula yang sedang antrian di IGD.

Sementara itu Kepala Puskemas Tangan-Tangan, Abdya, dr Musaddik, dikonfirmasi wartawan membenarkan ada enam pasien terpaksa di rawat diatas lantai karena daya tampung Puskesmas terbatas, sedangkan jumlah pasien membeludak.

"Sudah dua hari ini cukup banyak pasien yang datang berobat, hari ini saja sudah mencapai 28 orang jalani rawa inap. Sementara fasilitas tersedia di Puskesmas ini hanya untuk 12 pasien dari tiga ruangan," ucapnya.

Ia menjelaskan, tiga ruangan yang tersedia di Puskesmas Tangan-Tangan tersebut meliputi ruang anak, ruang wanita dan ruang pria.

Setiap ruangan bisa menampung empat pasien.

Sementara sisanya 16 pasien lagi terpaksa dirawat di ruangan aula dan di gudang obat dengan membawa kasur (bad) sendiri, karena tempat tidur yang tersedia dalam jumlah terbatas.

"Petugas sudah menyarankan agar pasien dirujuk saja, tapi mereka tidak mau dengan alasan lebih nyaman dan dekat dengan rumah. Bahkan mereka rela membawa kasur tempat tidur demi mendapatkan perawatan," jelasnya.

Menurut Saddik lonjakan pasien sebahagian besar berasal dari Kecamatan Tangan-Tangan, Setia, Manggeng dan Kecamatan lain.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.