Logo Network
Network

Nguri-Uri Budaya di Kabupaten Wonosobo, Pentaskan Tarian Hak Hakan dan Wayang Kulit Semalam Suntuk

Tim iNewsJatenginfo.id
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:02 WIB
Nguri-Uri Budaya di Kabupaten Wonosobo,  Pentaskan Tarian Hak Hakan dan Wayang Kulit Semalam Suntuk
Kesenian tradisional Tarian Hak-hakan Wonosobo. Foto: Ist

WONOSOBO, iNewsJatenginfo.id -  Setiap daerah memiliki kesenian tradisional yang menjadi warisan budaya daerah tersebut, seperti halnya di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah yang memiliki Tarian Hak-hakan.

Kesenian Hak-hakan merupakan salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Dusun Kaliyoso, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalikajar.

Tradisi lisan warisan nenek moyang yang sudah ada sejak tahun 1921 tersebut telah mendapatkan sertifikat WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) pada tahun 2018, dipentaskan pada Senin, (22/8) di Dusun Kaliyoso.

Selain disaksikan oleh ratusan warga masyarakat, pementasan juga dihadiri oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, Ketua DPRD Wonosobo Eko Prasetyo HW, Anggota Komisi B DPRD Jateng Peni Dyah Perwitosari, serta tokoh masyarakat.

Usai pementasan dilanjutkan dengan dialog budaya Media Tradisional yang difasilitasi oleh DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan menghadirkan pembicara Ketua DPRD Wonosobo Eko Prasetyo HW, Anggota Komisi B DPRD Jateng Peni Dyah Perwitosari, dan Kepala Desa Tegalombo Trijatmiko, sera moderator Septi Wulandari.

Tri Jatmiko menyampaikan  asal-usul kesenian Hak-hakan yang menceritakan perjuangan warga setempat bergotong-royong mencari sumber air dan membangun saluran untuk kebutuhan pertanian sepanjang 3-4 km.

"Sebelum digelar kesenian Hak-hakan, sejumlah warga melakukan beberapa ritual untuk menghormati leluhur, seperti semedi, puasa, membuat tikar 1 hari 1 malam, pantangan untuk keluar rumah, serta menyiapkan beberapa sesaji," terang Tri Jatmiko.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.